Penjara di Uruguay Kebakaran, 6 Narapidana Tewas Gegara Sel Dikunci

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Sep 2024, 10:00
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi Penjara Ilustrasi Penjara

Ntvnews.id, UruguayKebakaran terjadi di penjara Santiago Vazquez, Montevideo, Uruguay, yang menyebabkan enam narapidana tewas.

Dilansir dari AFP, Jumat, 27 September 2024, Kementerian Dalam Negeri menyebutkan bahwa penyebab kebakaran tersebut belum diketahui. Enam mayat ditemukan dalam kondisi hangus karena terkunci di dalam sel, meskipun sel lainnya terbuka.

Seorang narapidana dari sel sebelah juga dibawa ke rumah sakit penjara untuk perawatan.

Baca Juga: Napi Kabur Setelah Tembok Penjara Ambruk Gegara Banjir

Peristiwa serupa pernah terjadi di penjara yang sama pada Desember 2023, yang menewaskan enam orang. Penyelidikan menyimpulkan bahwa kebakaran tersebut disengaja, dan empat narapidana didakwa dengan tuduhan pembunuhan.

Berdasarkan data, Uruguay memiliki tingkat penahanan tertinggi di Amerika Latin dan menduduki peringkat kesepuluh di dunia. Pada tahun 2023, empat dari setiap seribu warga Uruguay berada di penjara, menurut laporan komisioner penjara parlemen.

Komisaris penjara telah mengungkapkan kekhawatiran terkait kondisi buruk di penjara Santiago Vazquez, menyoroti "kurangnya peluang rehabilitasi dan integrasi," yang dianggap menyebabkan "perlakuan kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan martabat" terhadap para tahanan.

Halaman
x|close