Ntvnews.id, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggandeng Conversant Solutions Pte Ltd (Conversant) untuk meluncurkan layanan Content Delivery Network as a Service (CaaS), sebuah solusi inovatif untuk distribusi konten digital yang cepat, efisien, dan aman. Kolaborasi ini resmi dimulai lewat penandatanganan kerja sama yang berlangsung di Telkom Landmark Tower, pada Senin, 30 Juni 2025 di Jakarta.
“Distribusi konten digital membutuhkan infrastruktur jaringan yang andal. Kolaborasi ini memungkinkan Telkom mengoptimalkan jaringan nasional kami agar konten dapat diakses lebih cepat, stabil, dan aman di seluruh Indonesia,” ucap Direktur Network Telkom Nanang Hendarno.
Langkah ini menjadi wujud komitmen Telkom dalam memperkuat perannya sebagai digital enabler lewat inovasi teknologi mutakhir. Didukung jaringan Point of Presence (PoP) yang tersebar di delapan kota besar di Indonesia dan 54 negara, layanan ini dirancang untuk menjawab tantangan performa dalam distribusi konten video, aplikasi OTT, hingga layanan web bagi pelanggan di segmen enterprise dan wholesale.
Layanan CaaS tak sekadar menjanjikan kecepatan dan keamanan, tetapi juga menonjolkan efisiensi dan fleksibilitas. Pelanggan dapat menyesuaikan skema layanan sesuai kebutuhan bisnis mereka, termasuk opsi bundling dengan berbagai fitur tambahan seperti media service, storage, dan keamanan data.
Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Executive General Manager Digital Connectivity Service Telkom, Teuku Muda Nanta, dan Regional Director Conversant untuk Asia Tenggara dan Asia Selatan, Aiman Hakim, disaksikan oleh jajaran pimpinan dari kedua perusahaan. Kolaborasi ini juga diperkuat dengan dukungan tim operasional Conversant yang siaga 24/7, serta tenaga ahli bersertifikat dari Telkom yang menjamin kualitas layanan tetap prima dan andal.
CEO Conversant, Cheong Fun Hua, menyatakan antusiasmenya atas kolaborasi dengan Telkom dalam mendorong pertumbuhan layanan distribusi konten digital yang semakin responsif terhadap dinamika kebutuhan di era digital.
Lewat kehadiran layanan ini, Telkom dan Conversant berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam mempercepat transformasi digital nasional melalui solusi teknologi yang relevan, inovatif, dan berdampak langsung.
Baca juga: Telkom Sigap 24 Jam Untuk Customer
(Sumber: Antara)