Ntvnews.id, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk secara resmi membuka UMK Digital Fest 2025 sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam ekonomi nasional melalui transformasi digital. Acara ini berlangsung di Vertical Garden Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin, 4 Agustus 2025 dan dibuka oleh Direktur Human Capital Management Telkom, Henry Christiadi.
Dalam sambutannya, Henry menegaskan bahwa digitalisasi adalah fondasi utama untuk mempercepat pertumbuhan UMKM.
“Melalui inisiatif seperti UMK Digital Fest ini, Telkom ingin memastikan bahwa transformasi digital menjadi peluang yang inklusif, tidak hanya menjadi milik pelaku usaha besar, tetapi juga dirasakan oleh UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia,” ujar Henry.
UMK Digital Fest merupakan bagian dari program pembinaan UMKM tahunan Telkom yang telah berlangsung sejak 2002. Hingga kini, sebanyak 88.251 pelaku UMK telah menjadi binaan Telkom melalui berbagai program seperti Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), Rumah Kreatif BUMN, dan Rumah BUMN. Seluruh upaya ini mengacu pada pendekatan 4GO: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global—sebuah kerangka kerja untuk mendorong transformasi menyeluruh, dari sisi operasional hingga penetrasi pasar global. Senin, 4 Agustus 2025.
Baca Juga: Analis Sebut Saham PT Telkom Indonesia Berpeluang Lanjutkan Tren Kenaikan
Gelaran tahun ini menjadi manifestasi kontribusi Telkom dalam mendukung visi Danantara Indonesia sebagai pengelola investasi strategis nasional. Danantara, sebagai Sovereign Wealth Fund Indonesia, mendorong pelaku UMKM untuk berkembang dari skala mikro menuju makro agar dapat terhubung lebih erat dengan ekosistem pembangunan dan investasi nasional.
Dalam konteks tersebut, Telkom berupaya memperkuat posisi UMKM sebagai fondasi ekonomi komunitas melalui peningkatan kompetensi digital, perluasan pasar, dan integrasi ke dalam rantai pasok modern.
UMK Digital Fest 2025 berlangsung selama tiga hari, dari 29 hingga 31 Juli, dengan berbagai agenda menarik seperti bazaar UMKM, sesi talkshow, demo solusi digital, pelatihan kecerdasan buatan (AI), serta workshop fotografi. Bazaar tersebut diramaikan oleh 35 UMKM dari sektor makanan dan minuman lokal, sementara lebih dari 100 peserta hadir setiap hari dalam rangkaian pelatihan dan diskusi yang diselenggarakan.
Baca Juga: Pertamina Juara 1 Transaksi di PaDi UMKM 2024, Berhasil Bangun Ekosistem UMKM Berkelanjutan
Dukungan nyata Telkom terhadap UMKM juga tercermin dari hasil konkret sejumlah inisiatif. Antara lain, penyediaan jutaan kemasan modern bagi 1.500 UMK untuk dapat bersaing di pasar ritel, HalalFest yang telah memberikan 2.676 sertifikasi halal bagi pelaku usaha, serta digitalisasi operasional dengan menghadirkan 8.293 aplikasi kasir dan membawa 10.478 UMKM ke dalam ekosistem digital seperti platform PADI UMKM.
“Telkom memiliki mimpi besar agar UMKM Indonesia tak hanya naik kelas, tapi juga mampu bersaing di pasar global. Karena kami percaya, Maju UMKM-ku, Maju Indonesia-ku. UMKM Bisa!,” tutup Henry.