Paus Fransiskus Bakal ke Indonesia, Ternyata Ada Paus Lain yang Pernah ke Indonesia Sebelumnya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Agu 2024, 16:42
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
paus fransiskus paus fransiskus (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan kunjungan ke Indonesia dari 3 hingga 6 September 2024 sebagai bagian dari perjalanan apostoliknya ke wilayah Asia Pasifik.

Selain Indonesia, kunjungan ini juga mencakup Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura, dengan rencana perjalanan berlanjut hingga 13 September 2024.

Paus Fransiskus akan menjadi pemimpin Gereja Katolik ketiga yang mengunjungi Indonesia. Sebelumnya, Paus Paulus VI dan Paus Yohanes Paulus II telah mengunjungi Indonesia pada awal 1970-an dan akhir 1980-an. Berikut adalah ringkasan kunjungan kedua Paus tersebut ke Indonesia di masa lalu.

Paus Paulus VI (1970)

Paus Paulus VI menjadi pemimpin Gereja Katolik pertama yang mengunjungi Indonesia pada 3-4 Desember 1970. Kunjungan tersebut disambut dengan antusias oleh masyarakat, dan Presiden Soeharto secara langsung menyambut kedatangannya di Bandara Kemayoran pada 3 Desember 1970.

Setelah tiba, Paus Paulus VI mengunjungi Gereja Katedral Jakarta untuk berdoa dan bertemu dengan para imam serta biarawan-biarawati setempat.

Baca Juga: Jokowi akan Terima Langsung Kunjungan Paus Fransiskus di Istana

Ia kemudian melakukan pertemuan resmi dengan Presiden Soeharto di Istana Merdeka, di mana Paus menyampaikan pujian terhadap bangsa Indonesia yang dinilainya dinamis, berkeinginan maju, dan menghargai nilai-nilai spiritual.

Halaman
x|close