Tempat Ini Jadi Persinggahan Pertama Paus Fransiskus Saat Datang ke Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Agu 2024, 10:32
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
paus fransiskus paus fransiskus (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Meskipun menghadapi berbagai masalah kesehatan dan semakin bergantung pada kursi roda, Paus Fransiskus memiliki jadwal yang sangat padat selama kunjungannya ke empat negara: Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini, dan Singapura. 

Perjalanannya akan dimulai di Jakarta pada 3 September, dan pada 4 September, dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Pada tanggal 5 September, Paus Fransiskus, yang dikenal dengan upayanya dalam mempromosikan dialog antaragama, akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan delegasi dari berbagai agama termasuk Islam, Buddha, Konghucu, Hindu, Katolik, dan Protestan.
Masjid Istiqlal, yang berarti kemerdekaan dalam bahasa Arab, adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dengan luas lebih dari 9 hektare.

Baca JugaPaus Fransiskus Bakal ke Indonesia, Ternyata Ada Paus Lain yang Pernah ke Indonesia Sebelumnya

Nama masjid ini mengingatkan akan perjuangan melawan penjajahan Belanda selama hampir 350 tahun.
Di seberang jalan dari masjid tersebut terdapat Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga yang bergaya neogotik Katolik Roma.

Kedekatan kedua tempat ibadah ini melambangkan bagaimana agama dapat hidup berdampingan secara damai.
Keduanya terhubung oleh jalan bawah tanah yang dikenal sebagai "Terowongan Silaturahmi," sepanjang sekitar 28 meter dan dibentuk seperti gerakan jabat tangan sebagai simbol toleransi antaragama.

Paus diperkirakan akan melewati terowongan ini.
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan kepada Associated Press bahwa keputusan Paus Fransiskus untuk memulai kunjungannya ke Asia di Indonesia membuat "komunitas Muslim bangga."

Halaman
x|close