Israel Serang Lebanon, Jokowi: Segera Evakuasi WNI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 12:01
Zaki Islami
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi Presiden Jokowi (Youtube Sekretariat Presiden)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Jokowi menegaskan bahwa perlindungan dan keselamatan WNI yang berada di Lebanon harus dinomorsatukan. Jokowi juga meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bahwa proses evakuasi warga negara Indonesia yang berada di Lebanon segera dilakukan.

"Kementerian Luar Negeri, Bu Menteri sudah saya perintahkan untuk menindaklanjuti apa yang sudah saya sampaikan agar keselamatan perlindungan terhadap warga kita dinomorsatukan dan evakuasi disegerakan," kata Presiden, Rabu, 2 Oktober 2024. 

Jokowi mengatakan, Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mendesak semua pihak untuk dapat menahan diri terkait situasi terbaru yang sangat mengkhawatirkan yang sedang terjadi di Timur Tengah.

Presiden Jokowi Presiden Jokowi

Pernyataan tersebut muncul setelah Israel melaksanakan serangan darat ke Lebanon pada Selasa (1/10) dan Iran meluncurkan ratusan rudal ke Israel pada hari yang sama.

Juru Bicara II Kemenlu RI Rolliansyah Soemirat di Jakarta, Rabu, Indonesia menekankan pentingnya Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melakukan pertemuan khusus guna membahas perkembangan terbaru di Timur Tengah dan mengambil keputusan yang dapat menurunkan ketegangan di kawasan.

"Indonesia sangat khawatir bahwa potensi perang dengan skala yang lebih besar dapat terjadi," kata Rolliansyah melalui pesan singkat.

Sebelumnya, pada Selasa (1/10) pagi, Israel melaksanakan serangan darat ke Lebanon setelah melakukan serangan udara secara besar-besaran sejak 23 September 2024 yang menewaskan sekitar seribu orang dan melukai lebih dari 2.700 orang lainnya.

Halaman
x|close