Profil Ahmed Al kaf, Wasit yang 'Gagalkan' Kemenangan Timnas Indonesia atas Bahrain

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 02:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Wasit Bahrain vs Indonesia, Ahmed Abu Bakar Said Al kaf Wasit Bahrain vs Indonesia, Ahmed Abu Bakar Said Al kaf (AFC)

Ntvnews.id, Jakarta - Wasit Ahmed Abu Bakar Said Al kaf asal Oman memicu kontroversi setelah memberikan tambahan waktu yang tidak wajar pada laga Bahrain vs Indonesia, Kamis (10/10/2024). Dalam laga ini, Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah. 

Bertanding di Bahrain National Stadium, Indonesia sebearnya sempat memimpin 2-1 hingga masa injury time babak kedua. Dua gol tim Merah Putih dicetak oleh Ragnar Oratmangoen (45+3) dan Rafael Struick (74) mampu mengubah kedudukan usai dijebol Mohamad Mahroon menit 15. 

Al kaf kemudian memberikan tambahan waktu enam menit di masa injury time babak kedua. Namun dia tak kunjung meniup peluit panjang hingga akhirnya Mahroon kembali mencetak gol untuk Bahrain pada menit 90+9. Gol ini sekaligus mengubah kedudukan menjadi imbang 2-2. 

Tim pelatih dan ofisial marah dan memprotesnya. Al Kaf kemudian mengeluarkan kartu merah kepada manajer timnas Indonesia, Sumardji sebelum mengakhiri pertandingan tersebut. 

Sosok Al kaf pun kini jadi bulan-bulanan netizen Indonesia. Kata wasit menjadi trending topic di Twitter. Banyak fans yang menghujat asal Oman itu di media sosial. Lalu siapa Al kaf? 

Profil Wasit Bahrain vs Indonesia
Ahmed Al Kaf diketahui punya nama lengkap Ahmed Abu Bakar Said Al kaf. Dia lahir di Oman pada 6 Maret 1983. 

Al Kaf sudah memimpin laga-laga domestik di Oman sejak 2008. Kemudian dia mendapatkan lisensi FIFA dua tahun kemudian dan diizinkan memimpin laga-laga internasional.

Selama karirnya, Al Kaf telah memimpin 114 pertandingan dengan mengeluarkan 343 kartu kuning dan 10 kartu merah. Ketegasan Ahmed Al Kaf terbaru saat memimpin Liga Champions Asia. Di babak perempatfinal antara Al Nassr vs Al Ain, dia mengeluarkan total 10 kartu yang terdiri dari 9 kartu kuning dan 1 kartu merah. Di laga itu, Al Nassr kalah lewat drama adu penalti.

Halaman
x|close