Road to Semifinal Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23: Garuda Muda Lebih Teruji

NTVNews - 28 Apr 2024, 22:50
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Pratama Arhan, pemain timnas Indonesia U-23 melakukan selebrasi usai menjebol gawang Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024. Pratama Arhan, pemain timnas Indonesia U-23 melakukan selebrasi usai menjebol gawang Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024.

NTVnews.id - Indonesia hanya berjarak selangkah lagi dari Olimpiade Paris 2024. Garuda Muda hanya perlu mengalahkan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024). 

Namun pertarungan yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium nanti tentu tidak mudah. Pasalnya, Uzbekistan bukanlah tim kemarin sore. Serigala Putih sudah cukup sering tampil di Piala Asia U-23. Bahkan, Uzbekistan sudah pernah keluar sebagai juara pada edisi 2018 di China. 

Nah, sanggupkan Timnas Indonesia U-23 melewati rintangan ini?

Meski berstatus debutan, Garuda Muda tidak bisa lagi dipandang enteng. Sebab, sejak fase penyisihan, tim besutan Shin Tae-yong itu sudah berulang kali menjungkalkan tim unggulan. 

Sempat kalah 0-2 atas Qatar di laga perdana, Indonesia bangkit dan menumbangkan Australia 1-0 pada laga kedua. Sementara pada partai ketiga, Indonesia menang telak 4-1 atas Yordania. 

Dua kemenangan ini lambat laun ikut meningkatkan kepercayaan diri para pemain. Mental bertanding mereka terus terasah dan kembali membuat kejutan di babak perempat final dengan menyingkirkan raksasa Asia, Korea Selatan lewat pertandingan yang duper dramatis. 

Bermain imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu usai, Timnas Indonesia U-23 akhirnya memastikan tiket menuju babak semifinal usai unggul 11-10 dalam drama adu penalti. 

Sementara itu, langkah Uzbekistan menuju semifinal jauh lebih ringan. Di fase penyisihan, pasukan Timur Kapadze tanpa kesulitan berarti, berhasil menyapu bersih seluruh laga di grup D.

Halaman
x|close