Kualitas Air Sungai Seine Buruk, Lomba Triathlon Putra di Olimpiade Paris 2024 Resmi Ditunda

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Jul 2024, 13:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Sungai Seine saat acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 Sungai Seine saat acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 (Website Olimpiade Paris 2024)

Ntvnews.id, Jakarta - Lomba Triathlon putra di Olimpiade Paris 2024 terpaksa ditunda akibat kualitas air sungai Seine yang buruk. Sebelumnya, kendala yang sama sudah lebih dulu membuat sesi latihan yang sejatinya berlangsung pada Minggu dan Senin dibatalkan.

"Tes yang dilakukan di Sungai Seine pada hari ini menunjukkan kalau kualitas air tidak memberikan cukup jaminan untuk memungkinkan acara tersebut diadakan," bunyi pernyataan resmi Badan Triathlon Dunia seperti dilansir dari Dailymail, Selasa (30/7/2024). 

Baca juga: Jadwal Atlet Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 Hari Ini: Menjaga Asa Meraih Medali

"Meskipun ada peningkatan kualitas air, pembacaan di beberapa titik jalur renang masih di atas batas yang dapat diterima," Badan Triathlon Dunia menambahkan dalam pernyataannya. 

Nomor triathlon putra dijadwalkan berlangsung hari ini, pada pukul 08.00 waktu setempat. Akibat penundaan ini, perlombaan kemungkinan baru akan digelar keesokan harinya pada pukul 10.45. Sementara perlombaan untuk kelompok putri digelar lebih dulu pada pukul 08.00. 

Nah, bila kualitas air tidak kunjung membaik pihak penyelenggara juga punya opsi menghapus nomor renang dan mengubah lomba jadi duathlon (balap sepeda dan lari).

Sungai Seine merupakan salah satu ikon Paris. Pemerintah Prancis telah telah menggelontorkan 1 miliar euro untuk membersihkan sungai tersebut demi penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024. Hanya saja, pihak penyelenggara menduga curah hujan yang besar beberapa hari jelang Olimpiade Paris 2024 dapat memicu peningkatan kadar bakteri berbahaya E.Coli di sana. 

Sungai Seine tidak hanya dipakai sebagai venue renang untuk nomor triathlon pada Olimpiade Paris 2024. Sungai ini juga dipakai untuk pembukaan yang berlangsung pada Sabtu lalu. 

Halaman
x|close