Ratusan Ribu WNA Telah Coba Kereta Cepat Whoosh, Paling Banyak dari Negara Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Agu 2024, 17:58
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
kereta cepat whoosh kereta cepat whoosh

Ntvnews.id, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sejak dioperasikan pada Oktober 2023 Whoosh telah melayani lebih dari 200 ribu penumpang yang merupakan Warga Negara Asing (WNA).

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyebutkan, berdasarkan data, penumpang WNA yang menggunakan Whoosh tersebut berasal dari 154 negara.

"Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia yang telah memiliki infrastruktur transportasi kelas dunia dan membuktikan bahwa Whoosh telah menjadi salah satu simbol modernisasi transportasi yang diakui masyarakat internasional," ucap Eva dalam keterangannya, Jumat (23/8/2024).

Pada peringkat pertama tercatat penumpang dari Malaysia yang paling banyak menggunakan Whoosh, yakni sekitar 85 ribu penumpang.

Baca juga: Bantal Kereta Cepat Whoosh Dicuri Penumpang, KCIC Kantongi Data Pelaku Lewat 44 CCTV

Baca juga: Awal 2025, KCIC Bakal Tambah Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Jadi 62 Perjalanan per Hari

Kemudian Tiongkok berada di peringkat kedua sekitar 45 ribu penumpang, diikuti Singapura sekitar 30 ribu penumpang, Jepang sekitar 12 ribu penumpang, dan yang ke-5 adalah Australia sekitar 11 ribu penumpang.

Sementara jika melihat berdasarkan Benua, Asia menjadi yang tertinggi yaitu sekitar 148.000 ribu penumpang, Eropa sekitar 24 ribu penumpang, Amerika Utara sekitar 16 ribu penumpang, Oseania sekitar 11 ribu penumpang, Afrika 1.000 penumpang, dan Amerika Selatan sekitar 900 penumpang.

"KCIC melihat bahwa tingginya penumpang dari wilayah Asia Tenggara dan Australia menunjukkan bahwa, kehadiran Whoosh sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara menjadi magnet wisata tersendiri bagi masyarakat internasional di sekitar Indonesia," ungkapnya.

Halaman
x|close