Bambang Brodjonegoro Ungkap Tiga Fokus Pemerintah Untuk Genjot Pertumbuhan Ekonomi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Agu 2024, 12:06
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  Bambang Brodjonegoro Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro

Ntvnews.id, Jakarta -Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Akademisi Bambang Brodjonegoro menyampaikan tiga fokus utama pemerintah dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal tersebut dsampaikan dalam event Indonesia Management Summit 2024 yang diselenggarakan di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

Bambang menjelaskan, perubahan iklim yang terjadi di dunia memiliki dampak serius bagi perekonomian seluruh negara termasuk Indonesia.

"Artinya pemerintahan berikutnya mau tidak mau harus memulai misalnya proses transisi energi. Dan harus mengupayakan agar tingkat emisi misalkan yang ada di Indonesia bisa dikurangi," ucap Bambang di Jakarta, Senin (26/8).

"Ditambah tentunya harus mulai menggerakkan perdagangan karbon, ya sehingga dengan kombinasi ini paling tidak Indonesia sudah mulai masuk ke jalur sustainability," sambungnya.

Baca juga: Jokowi Paparkan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat Ekonomi Bawah dalam Sidang Tahunan MPR 2024

Baca juga: BSI Dukung Transisi Energi Demi Capai Target Net Zero Emission 2030

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan pemerintah juga harus melakukan akselerasi transformasi digital.

Menurutnya tidak ada jalan mundur dalam upaya transformasi digital ini, Hal tersebut menjadi kunci bagi kemajuan bangsa di masa depan.

"Transformasi digital dimana tampaknya ke depan hampir semua aspek kehidupan itu akan berbasis digital, dan otomatis Indonesia tidak boleh ketinggalan," ungkap Bambang.

Terakhir dalam menghadapi dinamika geopolitik, Bambang mengungkapkan Indonesia harus menjaga posisi netral.

"Geopolitik, saya kira Indonesia selalu tetap menjaga posisi netral. Tetapi bukan berarti kita tidak berupaya untuk berkontribusi terhadap upaya menciptakan perdamaian dunia," tandasnya.

Halaman
x|close