Jokowi Resmikan RS Kemenkes di Surabaya: Saya Seperti masuk Hotel Bintang 5

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Sep 2024, 09:07
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi meresmikan gedung rumah sakit Kemenkes di Surabaya, Jawa Timur, Jumat Presiden Jokowi meresmikan gedung rumah sakit Kemenkes di Surabaya, Jawa Timur, Jumat

Ntvnews.id, Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung rumah sakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa rumah sakit Kemenkes di Surabaya yang dibangun di atas lahan 6 hektare ini serasa hotel bintang lima.

Awalnya Kepala Negara itu menyebut ada tiga penyebab kematian tertinggi di Indonesia karena penyakit di antaranya store, serangan jantung dan kanker.

"Penyebab kematian tertinggi di negara kita itu adalah karena penyakit stroke, serangan jantung dan kanker. Dan Jawa Timur ini menempati urutan ke tiga setelah Yogyakarta dan Jawa Tengah," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga: Erick Thohir Buka-bukaan Pertemuan Jokowi dengan Bos Vale, Bahas Hilirisasi Nikel

Untuk itu, Jokowi menegaskan pembangunan rumah sakit Kemenkes ini sangat penting dalam rangka menangani hal tersebut. Selain itu ia tidak ingin warga negara Indonesia yang sakit justru malah memilih untuk berobat di luar negeri.

"Dan kita tidak ingin yang sakit-sakit dari kita perginya ke Singapura, perginya ke Malaysia," ungkap Jokowi.

Presiden juga mengatakan bahwa rumah sakit tersebut memiliki pelayanan yang sangat baik. Suasananya seperti hotel bintang 5.

"Kalau rumah sakit seperti sekarang kita lihat tadi saya masuk seperti masuk hotel bintang 5," jelas Jokowi.

"Kalau rumah sakitnya seperti ini pelayanannya baik dan yang sakit cepat sembuh bukan malah kerasan, karena rumah sakitnya bagus ini akan mencegah kehilangan devisa kita kurang lebih Rp180 triliun setiap tahun," lanjutnya.

Baca juga: Jokowi Ikutan Pake Mobil Innova Zenix Seperti Paus Fransiskus: Untuk Kegiatan Senyap

Dengan pembangunan gedung tersebut, kata Jokowi terdapat penambahan 867 tempat tidur di RS Kemenkes Surabaya.

Adapun pembangunan gedung menghabiskan anggaran Rp1,6 triliun, belum termasuk Rp368 miliar untuk peralatan dan Rp50 miliar untuk sumber daya manusia (SDM).

Halaman
x|close