Dana Pihak Ketiga di Atas Rp5 Miliar di BNI Tumbuh 16 Persen per April 2025

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Mei 2025, 18:49
thumbnail-author
Tasya Paramitha
Penulis & Editor
Bagikan
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). (BNI)

Ntvnews.id, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melaporkan bahwa dana pihak ketiga (DPK) dengan nominal di atas Rp5 miliar mengalami peningkatan sebesar 16 persen secara tahunan (year on year/yoy) hingga April 2025.

Direktur Consumer Banking BNI, Corina Leya Karnalies, menyatakan bahwa pertumbuhan dana dan jumlah nasabah dengan rekening lebih dari Rp5 miliar didorong oleh berbagai inovasi digital serta beragam layanan yang ditujukan untuk segmen nasabah Emerald.

"Kami mengapresiasi kepercayaan nasabah yang terus mempercayakan BNI sebagai mitra perbankan untuk mengelola aset nasabah dengan berbagai layanan yang memudahkan kebutuhan transaksi finansial," ujar Corina di Jakarta pada Selasa, 27 Mei 2025.

Data BNI menunjukkan bahwa per April 2025, jumlah nasabah dengan Asset Under Management (AUM) di atas Rp5 miliar meningkat 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini sejalan dengan kenaikan DPK dan AUM yang mencapai 16 persen secara tahunan. Selain itu, produk-produk investasi dan bancassurance juga menunjukkan pertumbuhan sebesar 17 persen yoy.

"Mengamati pergerakan portfolio nasabah, komposisi tabungan dengan AUM minimal Rp5 miliar mengalami kenaikan porsi dari sebelumnya 36 persen menjadi 39 persen dari total AUM yang ada," jelas Corina.

Corina menambahkan bahwa beberapa faktor turut mendorong pertumbuhan tersebut, salah satunya adalah pengembangan fitur produk tabungan. Selain itu, program welcome Emerald dengan penawaran reward tambahan hingga Rp26 juta menjadi daya tarik tersendiri bagi para nasabah untuk menempatkan dana mereka di BNI.

"Sejalan dengan era yang serba digital, saat ini BNI juga terus melakukan penyempurnaan melalui fitur dan layanan yang lengkap, cepat dan mudah melalui wondr by BNI," tuturnya.

Dalam menghadapi kondisi industri perbankan yang tengah mengalami ketatnya likuiditas, BNI mengandalkan sejumlah strategi untuk menghimpun DPK, termasuk dengan memperkuat peran Relationship Manager (RM) yang ditugaskan khusus melayani nasabah Emerald dengan AUM minimal Rp1 miliar.

Untuk segmen nasabah dengan AUM antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar, BNI menyediakan program upgrade yang disertai dengan berbagai reward menarik sebagai bentuk retensi.

"Kami percaya customer merupakan aset berharga, oleh karena itu kami menyiapkan dedicated relationship manager untuk mengetahui kebutuhan nasabah agar terlayani dengan baik," ujar Corina.

Selain mempertahankan basis nasabah eksisting, BNI juga menargetkan ekspansi basis pelanggan tahun ini. Lewat Emerald Acquisition RM, percepatan perolehan nasabah baru menjadi salah satu motor pertumbuhan bisnis bank pelat merah ini.

(Sumber: Antara)

x|close