Hutama Karya Minta Tambahan PMN Rp1 Triliun Buat Selesaikan Tol Palembang-Betung

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Jul 2024, 13:03
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung

Ntvnews.id, Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) meminta tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai sebesar Rp1 triliun.

Direktuur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, tambahan dana tersebut nantinya akan digunakan untuk menyelesaikan ruas tol Palembang-Betung.

"Penambahan PMN PT Hutama Karya tahun 2024 sebesar Rp1 triliun akan digunakan untuk meningkatkan struktur permodalan perseroan dalam rangka melakukan penugasan pengusahaan ruas Jalan Tol Palembang-Betung," ucapnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XI DPR RI, Selasa (2/7/2024).

Budi menjelaskan, Jalan Tol Palembang-Betung ini sebelumnya dikerjakkan oleh Waskita Karya yang saat ini tengah dalam proses restrukturisasi keuangan.

"Tol Palembang-Betung ini sebelumnya dikerjakan oleh Waskita Karya, karena Waskita Karya dalam rangka restrukturisasi keuangan maka ditugaskan ke Hutama Karya," lanjutnya.

Lebih lanjut, menurutnya dengan tambahan PMN tersebut manfaat dari sisi pemerintah dengan penambahan PMN kepada PT Hutama Karya diharapkan akan mampu meningkatkan pertumbuhan PDRB.

Kemudiaan juga meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatera, serta memberikan kontribusi penerimaan kepada negara.

"Manfaat dari sisi masyarakat dengan adanya jalan tol Trans Sumatera diharapkan dapat meningkatkan percepatan mobilitas, meningkatkan efektivitas dalam bertransportasi, mengurai simpul-simpul kemacetan dan memicu pertumbuhan perekonomian daerah," jelasnya.

Sementara itu, dari sisi perusahaan dengan penambahan PMN sebesar Rp1 trilun di tahun 2024 akan membuat struktur permodalan lebih kuat dalam rangka menyelesaikan penugasan Jalan Tol Trans Sumatera, serta meningkatkan kemampuan untuk melakukan pengembangan usaha.

Halaman
x|close