Lokasi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN Diklaim Bebas Banjir 100 Tahunan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jul 2024, 20:02
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ibu Kota Nusantara (IKN) Ibu Kota Nusantara (IKN)

Ntvnews.id, Jakarta - Satgas Perencanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mengklaim bahwa Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Kalimantan Timur bebas banjir dalam 100 tahun.

Kepala Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi mengatakan pemerintah mempertimbangkan lokasi di IKN sejak awal dengan mempertimbangkan potensi banjir.

"Di awal itu penetapan lokasi ini kita bicara KIPP dulu ya, ini sejak awal memang sudah menetapkan lokasinya itu yang memang bebas banjir 100 tahunan," ucap Imam dalam konferensi pers virtual Kesiapan Infrastruktur PUPR Menjelang Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Kamis (11/7/2024).

Baca juga: Pembangunan Fisik IKN Capai 45 Persen, Begini Rinciannya

Kendati demikian, pihaknya juga telah memperhitungkan dengan membuat embung sebagai tempat parkir air, serta membangun drainase untuk aliran sebagai antisipasi adanya potensi banjir di IKN khususnya di KIPP.

"Kita coba manfaatkan semua potensi yang ada dan bagaimana penanganannya, misalnya soal drrainase perkotaannya bagaimana itu sudah dipersiapkan semua," ucap Imam.

Mengenai banjir yang pernah terjadi, Imam menyebut itu berada di luar KIPP, yaitu di Wilayah Perencanaan (WP) 2 yang lokasinya di Sepaku Penajam Paser Utara.

"Memang diluar KIPP di WP2 yang dekat Pasar Sepaku memang sedang dilakukan kegiatan penanggulangan banjir di sana. Tapi itu diluar KIPP," tandasnya.

Halaman
x|close