Ntvnews.id, Jakarta - Accelerating Consumer Transformation and Sustainability atau ACT! Project berpartisipasi di Jogja Coffee Week (JCW) 2025, pada 5–7 September 2025 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. ACT! Project merupakan inisiatif konsorsium yang terdiri dari Rainforest Alliance, Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI), dan Cocoa Sustainability Partnership (CSP), dan didukung Uni Eropa melalui program SWITCH-Asia. Pada kali kelima penyelenggaraannya, JCW diikuti oleh 100 lebih peserta pameran dari berbagai sektor makanan dan minuman di seluruh Indonesia, dan diprediksi menarik hingga 20 ribu pengunjung.
Hal ini selaras dengan JCW yang kali ini mengusung tema Journey to the Brew yang ditujukan untuk memperkuat pariwisata lokal dan mendukung praktik pertanian kopi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
“Melalui ACT! Project, kami tidak hanya ingin membangun kesadaran masyarakat, tetapi juga membangun mindset kritis mengenai pentingnya mengetahui asal produk yang dikonsumsi, bagaimana produk ditanam, diolah, dan apakah kesejahteraan petani yang mengolahnya sudah terpenuhi," ucap Manager Consumer Campaign and Engagement, Rainforest Alliance Indonesia, Margareth Meutia.
Baca Juga: OIKN Dorong Kopi Lokal Menjadi Bagian Ekonomi Sekitar IKN
Dengan populasi terbesar keempat di dunia, konsumsi domestik Indonesia mengalami peningkatan pesat yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kelas menengah. Hal tersebut juga mempengaruhi tingginya minat masyarakat terhadap konsumsi kopi. "Bagi SCOPI, Jogja Coffee Week 2025 adalah panggung yang sempurna untuk merayakan semangat kolaborasi bagi seluruh pelaku kopi, khususnya di Yogyakarta. Melalui gerakan ACT! Project, kami ingin menjembatani cerita luar biasa dari para petani di hulu yang telah bekerja keras menerapkan budidaya kopi.
Adapun pada event JCW, ACT! Project mengusung tema keberlanjutan melalui booth yang dibuat dari bahan-bahan alami dan bertema warung angkringan. Selama tiga hari, pengunjung bisa menikmati kopi dan cokelat gratis dari seluruh Indonesia pada booth tersebut. Ada juga mini talk show di booth yang dimeriahkan oleh influencer Jovial da Lopez, Rikolto (salah satu member SCOPI), perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Puncak Jaya, Papua, dan petani kopi dari Puncak Jaya. Selain itu, perwakilan ACT! Project pun menjadi narasumber pada talk show di panggung utama bersama: Senior Vice President of Marketing Commodities PT Perkebunan Nusantara I, Laeli Fadli Arif; Pendiri Hayati Coffee, Wijaya Gunawan; influencer kopi, Larka Riya.