Profil Zulfikar Achmad Selaku Anggota DPR RI Tertua, Duduki Kursi Senayan Selama 3 Periode

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 09:57
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Zulfikar Achmad Anggota DPR RI Tertua Zulfikar Achmad Anggota DPR RI Tertua (Twitter)

Ntvnews.id, Jakarta - DPR RI tengah menggelar pelantikan anggota baru hasil Pileg 2024 awal tahun kemarin. Sebelum adanya pimpinan definitif, anggota DPR termuda dan tertua bakal memimpin jalannya sidang paripurna pelantikan anggota DPR 2024-2029 ini.

Salah satu anggota DPR yang mencuri perhatian adalah Zulfikar Achmad yang merupakan anggota tertua pada periode kali ini. Nah, buat kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya tentang sosok Zulfikar Achmad.

Profil Zulfikar Achmad

Zulfikar Achmad Anggota DPR RI Tertua <b>(Ist.)</b> Zulfikar Achmad Anggota DPR RI Tertua (Ist.)

Drs. H. Zulfikar Achmad, lahir di Jambi, Kota Jambi, pada 17 Mei 1946, adalah seorang politisi kawakan yang telah banyak berkiprah dalam dunia politik dan pemerintahan Indonesia.
Perjalanan karirnya yang panjang dan prestasinya dalam memimpin daerah, terutama di Kabupaten Bungo, membuat namanya dikenal luas, tidak hanya di Jambi, tetapi juga di kancah nasional.

Zulfikar Achmad mengawali pendidikannya di bidang pelayaran dengan menamatkan studi di Akademi Tata Laksana Pelayaran Niaga Veteran, Jakarta, pada tahun 1970. Tak berhenti di situ, ia melanjutkan pendidikan dalam bidang administrasi negara di Universitas 17 Agustus Jakarta dan meraih gelar pada tahun 1975.

Di masa mudanya, Zulfikar sudah menunjukkan jiwa kepemimpinan dan keterlibatan aktif dalam berbagai organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua KAPI Kabupaten Merangin, aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan menjadi bagian dari KNPI DKI Jakarta.

Keaktifannya di berbagai organisasi pemuda dan Islam terus berlanjut ketika ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal IPMI (Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia) serta Ketua Pemuda Muslim Indonesia.

Halaman
x|close