Ini Daftar Mitra Kerja Komisi di DPR RI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 10:02
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Rapat kerja KPK bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Rapat kerja KPK bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memiliki peran penting sebagai badan legislatif di Indonesia, menjalin kerjasama dengan lembaga eksekutif, yudikatif, dan lembaga umum lainnya.

Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk mitra kerja melalui komisi-komisi yang ada di DPR. Terdapat 11 komisi yang masing-masing memiliki tugas khusus dalam bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan. Berikut adalah daftar mitra kerja pada tiap komisi di DPR RI.

Mitra Kerja DPR RI

Komisi I

Gedung DPR <b>(Istimewa)</b> Gedung DPR (Istimewa)

Komisi I DPR memiliki fokus pada pertahanan, luar negeri, komunikasi, dan informatika, serta intelijen. Sebagai mitra kerja, komisi ini berkolaborasi dengan sejumlah lembaga, termasuk Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain itu, Komisi I juga bekerja sama dengan Panglima TNI serta Badan Intelijen Negara untuk mengawasi dan mengarahkan kebijakan yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan negara.

Dalam konteks komunikasi dan informasi, komisi ini berinteraksi dengan lembaga seperti Lembaga Penyiaran Publik (RRI dan TVRI), Dewan Pers, dan Komisi Penyiaran Indonesia.

Mereka juga terlibat dengan lembaga sensor film dan Pusat Komisi Informasi untuk memastikan transparansi dan kualitas informasi yang disampaikan kepada publik.

Komisi II

Komisi II memiliki tanggung jawab dalam urusan pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, serta mengelola reformasi birokrasi, pemilu, pertanahan, dan reforma agraria.

Halaman
x|close