Ketua DPR RI Periode 2024–2029 Diumumkan Selasa Malam

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 15:25
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Jakarta. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Jakarta. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) ((ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi))

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Komisi II DPR RI periode 2019–2024, Ahmad Doli Kurnia, menyampaikan bahwa Ketua DPR RI periode 2024–2029 akan diumumkan pada Selasa malam.

"Tadi sudah dibahas, sudah disusun agendanya melalui sekretariat, sudah diumumkan. Insyaallah nanti malam sih mungkin kita sudah tahu siapa yang akan jadi pimpinan DPR," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Doli menegaskan bahwa penentuan Ketua DPR mengacu pada Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD atau "UU MD3." Sesuai dengan "UU MD3," posisi Ketua DPR menjadi hak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilihan Umum Legislatif 2024.

Baca Juga: ‘Oneng’ Dilantik Lagi Jadi Anggota DPR: Fokus Penciptaan Lapangan Kerja

Namun, ia menambahkan bahwa keputusan siapa yang akan menjadi Ketua DPR RI untuk periode lima tahun mendatang merupakan wewenang PDIP.

"Ya tentu kan kalau berdasarkan 'UU MD3,' sekarang kan yang berhak menjadi ketua itu dari Fraksi PDIP. Saya kira diserahkan sepenuhnya ke masing-masing fraksi," katanya.

Terkait nama pimpinan DPR dari Partai Golkar, Doli menyebutkan bahwa hal tersebut adalah ranah Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bahlil Lahadalia.

Halaman
x|close