Ini Deretan Sosok Asal Papua yang Masuk dalam Kabinet Merah Putih Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Okt 2024, 12:55
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Momen Perdana Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Foto Bersama Kabinet Merah Putih Momen Perdana Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Foto Bersama Kabinet Merah Putih (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Tiga tokoh asal Papua telah dipercaya menjadi menteri dan wakil menteri di Kabinet Merah Putih pimpinan Prabowo-Gibran. Mereka adalah Bahlil Lahadalia yang menjabat sebagai Menteri ESDM dan Natalius Pigai sebagai Menteri HAM.

Sementara Ribka Haluk merupakan perempuan asli Papua Pegunungan pertama yang diberikan kepercayaan sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

"Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral," kata Presiden RI Prabowo Subianto saat mengumumkan kabinetnya di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Sekretaris Kabinet Mayor Teddy di Bawah Mensesneg, Tak Lagi Setara Menteri

Bahlil bukan sosok baru di kabinet, sebelumnya ia juga menjabat sebagai Menteri ESDM di era Presiden Jokowi dan pernah dipercaya sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar setelah ditunjuk melalui Munaslub pada Agustus 2024, menggantikan Airlangga Hartarto.

Bahlil, yang lahir di Fakfak, Papua Barat, adalah seorang aktivis lulusan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan pernah menjadi Ketua Umum HIPMI periode 2015-2019.

Halaman
x|close