Istana Jelaskan Kenapa Ada 2 Wamen di Kemenkeu

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Jul 2024, 20:20
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wamenkeu II Thomas Djiwandono. (YouTube) Wamenkeu II Thomas Djiwandono. (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat ini memiliki dua wakil menteri (wamen). Ini terjadi usai Thomas Djiwandono atau Tommy, dilantik sebagai Wamenkeu. Istana pun memberikan penjelasan mengenai hal ini.

"Wamen kan memang tidak ditentukan (jumlahnya) dalam peraturan presiden (perpres) kelembagaan. Bukan hanya di Kementerian Keuangan," kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Pratikno menjawab pertanyaan wartawan soal dasar hukum serta pertimbangan posisi Wamenkeu ada dua di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Dan ingat pada periode yang lalu Wamenkeu kan ada dua, Kementerian BUMN dulu juga wamennya dua, jadi nggak ada sesuatu yang baru," kata dia.

Pratikno lantas membeberkan pembagian tugas antara Tommy yang dilantik sebagai Wamenkeu II dan Wamenkeu I Suahasil Nazara. Tommy, kata Pratikno memiliki tugas mengawal APBN 2025.

"Ini kan bagian dari keberlanjutan Pak Suahasil tugasnya mengawal pelaksanaan APBN tahun 2024 sedangkan Pak Tommy ditugaskan untuk menyiapkan, mengawal penyiapan APBN 2025. Jadi oleh karena itu, ini bagian dari keberlanjutan," tuturnya.

Sebelumnya, Tommy berjanji dirinya akan bekerja sama dengan Menkeu Sri Mulyani dan Wamenkeu I Suahasil. 

Halaman
x|close