Penyedia Jasa Internet Lokal Belum Dilibatkan di Kawasan IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Agu 2024, 03:10
Tim Redaksi
Penulis & Editor
Bagikan
Presiden Joko Widodo di Taman Kusuma Bangsa, IKN, Senin (12/8/2024). Presiden Joko Widodo di Taman Kusuma Bangsa, IKN, Senin (12/8/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mendorong agar penyedia jasa internet (ISP) lokal turut dilibatkan dalam infrastruktur digital di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kita ingin yang lokal-lokal dilibatkan ke IKN untuk bisa berkompetisi secara sehat," kata Arif di Jakarta, Senin, 12 Agustus 2024. 

Arif menyatakan saat ini, sebagian besar ISP yang terlibat di IKN masih berasal dari penyedia jasa internet milik negara, sementara ISP lokal belum dilibatkan dalam pengembangan kawasan tersebut.

Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif di acara The 6th Indonesia Internet Expo &amp; Summit (IIXS) di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Senin (12/8/2024).  <b>(ANTARA/Fathur Rochman)</b> Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif di acara The 6th Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Senin (12/8/2024). (ANTARA/Fathur Rochman)

Baca Juga: Jokowi: Air, Listrik dan Internet di IKN Enggak Ada Masalah

Arif mengungkapkan, APJII memiliki perwakilan di Balikpapan, yang menjadi titik koordinasi untuk wilayah Kalimantan. Berdasarkan data yang dimiliki APJII, terdapat sekitar 50 penyedia jasa internet lokal yang beroperasi di Pulau Kalimantan.

"Setahu saya saat ini masih melibatkan ISP dari 'pelat merah' ya, BUMN setahu saya. Saya sudah mengimbau juga dari otorita dan pemerintah juga, seiring dengan perkembangan IKN, teman-teman yang lokal dilibatkan untuk membangun bersama IKN ini," kata dia.

Meskipun, kata Arif, pada tahap awal pembangunan IKN diperlukan keterlibatan dari penyedia jasa internet milik negara untuk mempercepat proses, Arif berharap ISP lokal dapat diikutsertakan dalam pengembangan IKN ketika wilayah tersebut sudah mulai beroperasi sepenuhnya.

Sebelumnya, dalam hal konektivitas di IKN, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi pada Kamis (14/3) mengatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki konektivitas andal yang disediakan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Telkom Indonesia.

Halaman
x|close