Telkom Fokus Percepatan Transformasi Digital Telco di Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jun 2025, 16:45
thumbnail-author
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Direktur Utama Telkom Dian Siswarini (kiri) beserta jajaran direksi Telkom lainnya pada acara Executive Media Gathering, di Jakarta, Selasa (17/6/2025). ANTARA/HO-Telkom Indonesia. Direktur Utama Telkom Dian Siswarini (kiri) beserta jajaran direksi Telkom lainnya pada acara Executive Media Gathering, di Jakarta, Selasa (17/6/2025). ANTARA/HO-Telkom Indonesia. (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Manajemen baru PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mencanangkan program kerja 100 hari, yang difokuskan pada percepatan transformasi menuju digital telco terdepan di Indonesia.

Direktur Utama Telkom Dian Siswarini dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan langkah ini sejalan dengan pembentukan organisasi yang agile dan kolaboratif dengan tata kelola berstandar global, serta penguatan budaya service excellence guna memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Kami menetapkan program 100 hari sebagai langkah awal untuk menata rencana kerja jangka panjang. Program ini kami mulai dengan mendengarkan masukan dari berbagai pihak, mulai dari stakeholder, mitra, hingga pelanggan," ujar Dian.

RUPS Telkom pada 28 Mei 2025 merombak susunan direksi dan komisaris di perusahaan pelat merah tersebut, yang salah satunya menunjuk Dian Siswarini sebagai direktur utama yang baru.

Lebih lanjut, Dian mengatakan upaya ini sekaligus menjadi fondasi strategis dalam menjawab dinamika industri dan mendukung agenda digitalisasi nasional secara berkelanjutan.

Dian memaparkan dalam dua minggu pertama masa kerja, jajaran direksi baru Telkom melakukan kurasi menyeluruh terhadap berbagai aspek perusahaan untuk mengidentifikasi apa saja yang telah berjalan baik dan perlu ditingkatkan.

Hasilnya menunjukkan bahwa Telkom memiliki fondasi kuat, mulai dari strategi perusahaan melalui inisiatif 5 Bold Moves, perangkat tata kelola, hingga pendekatan terhadap customer experience.

Wakil Direktur Utama Telkom Muhammad Awaluddin menambahkan penguatan tata kelola menjadi salah satu prioritas utama perusahaan.

"Telkom berkomitmen untuk menjadikan tata kelola sebagai penggerak pertumbuhan TelkomGroup. Kami juga memastikan risiko di setiap lini bisnis dikelola sebagai enabler untuk mendukung eksekusi berkelanjutan. Komitmen ini akan dijalankan dengan konsistensi dan berintegritas," ujar Awal.

Sebagai upaya memperkuat posisi TelkomGroup dalam ekosistem digital, perusahaan terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya pada segmen B2C dan B2B, serta penguatan infrastruktur digital.

Dalam membangun infrastruktur digital yang solid, tidak hanya untuk kebutuhan nasional tetapi juga regional, Telkom berkomitmen menyediakan konektivitas yang andal dan terintegrasi.

Infrastruktur digital ini mencakup jaringan satelit di angkasa, fiber optic di daratan, serta kabel bawah laut (submarine cable) sebagai tulang punggung konektivitas.

Selain itu, Telkom terus membentuk ekosistem digital terintegrasi melalui pengembangan infrastruktur yang menyeluruh, seperti pembangunan kabel bawah laut sebagai perluasan jaringan.

Pengembangan ini, lanjut Awal, tidak dapat dicapai tanpa kehadiran pusat data (data center) sebagai bagian tak terpisahkan dari infrastruktur digital.

"Untuk itu, Telkom membangun berbagai jenis data center mulai dari pengembangan Hyperscale Data Center (HDC), hingga enterprise dan micro data center di berbagai wilayah,” katanya.

Ekosistem ini pun dirancang untuk menangkap peluang pasar digital yang semakin berkembang, serta menjadi bagian dari penguatan Telkom sebagai infrastructure hub. (ANTARA)

x|close