Sebelum ke Psikiater, Ini 10 Langkah Menyembuhkan Penyakit NPD

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Sep 2024, 00:25
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi sedih Ilustrasi sedih (Freepik/ rawpixel.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Narcissistic Personality Disorder (NPD) atau Gangguan Kepribadian Narsistik adalah gangguan mental di mana seseorang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan, kebutuhan akan pujian yang konstan, dan kurangnya empati terhadap orang lain.

Orang dengan NPD sering merasa bahwa mereka lebih superior dari orang lain dan cenderung sulit menerima kritik. Namun, seperti gangguan kepribadian lainnya, NPD adalah kondisi yang kompleks dan memerlukan penanganan khusus.

Sebelum mencari bantuan profesional seperti psikiater, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengelola gejala NPD dan memulai proses penyembuhan.

Meskipun intervensi profesional sangat penting, ada beberapa cara yang dapat membantu individu dengan NPD dalam menghadapi kondisi ini:

1. Mengenali dan Menerima Masalah

Langkah pertama menuju penyembuhan adalah menyadari bahwa ada masalah. Kesadaran diri bahwa perilaku narsistik mempengaruhi hubungan pribadi dan kehidupan sosial adalah langkah penting.

Cara: Mengakui bahwa perilaku narsistik merugikan diri sendiri dan orang lain bisa sangat sulit, tetapi ini adalah kunci untuk memulai perubahan. Cobalah untuk refleksi diri secara jujur, mungkin dengan mencatat atau menulis tentang perilaku yang menimbulkan konflik.

Halaman
x|close