8 Cara Orang Tua Kasih Tahu ke Anak Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Sep 2024, 02:05
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi pelecehan. Ilustrasi pelecehan. (Freepik/ rawpixel.com)

Ntvnews.id, Jakarta - Pelecehan seksual adalah tindakan yang merusak martabat seseorang dan dapat terjadi di berbagai tempat seperti sekolah, tempat kerja, bahkan di lingkungan sosial.

Untuk melindungi diri, penting bagi individu, terutama anak-anak dan remaja, untuk diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi dan menghindari situasi pelecehan seksual.

Berikut adalah beberapa cara memberikan pengetahuan agar terhindar dari pelecehan seksual:

1. Pendidikan tentang Pelecehan Seksual Sejak Dini

Memberikan pengetahuan sejak dini tentang apa itu pelecehan seksual dapat membantu anak-anak memahami batasan dalam interaksi sosial. Beberapa hal yang bisa diajarkan antara lain:

- Perbedaan sentuhan yang baik dan buruk: Ajarkan anak tentang sentuhan yang aman (sentuhan yang tidak menimbulkan rasa tidak nyaman) dan sentuhan yang tidak pantas (sentuhan yang membuat mereka merasa takut atau tidak nyaman).
- Batasan pribadi: Jelaskan kepada anak bahwa mereka berhak untuk mengatakan "tidak" jika seseorang berusaha menyentuh mereka tanpa izin atau membuat mereka tidak nyaman.
- Penggunaan bahasa yang tepat: Ajarkan anak untuk menyebutkan bagian tubuh mereka dengan istilah yang benar, sehingga mereka dapat menjelaskan dengan jelas jika ada hal yang tidak beres.

2. Penguatan Harga Diri dan Kepercayaan Diri

Halaman
x|close