Ntvnews.id, Jakarta - Lembaga advokasi konsumen di Australia, Choice, baru saja merilis hasil investigasi yang menghebohkan, sejumlah tabir surya alias sunscreen ternama di Negeri Kanguru ternyata tak memberikan perlindungan sebagaimana diklaim.
Salah satu yang paling mencolok, sunscreen Ultra Violette Lean Screen SPF 50+, yang seharusnya memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar matahari, ternyata hanya memiliki perlindungan setara SPF 4.
Dalam uji laboratorium khusus yang terakreditasi, Choice menguji 20 produk sunscreen populer berlabel SPF 50 atau 50+ dari berbagai merek dan harga. Hasilnya, 16 di antaranya tidak memenuhi klaim SPF yang tertera pada kemasan.
Hal yang paling mengejutkan, produk Ultra Violette Lean Screen SPF 50+ mencatat hasil terburuk, dengan hasil uji laboratorium menunjukkan hanya memiliki SPF 4. Temuan ini membuat pihak Choice sampai harus menguji ulang produk tersebut menggunakan batch berbeda di laboratorium independen di Jerman dengan hasil SPF 5.
"Kami sangat terkejut dengan hasilnya. Uji kedua mengonfirmasi kekhawatiran kami. Produk ini benar-benar jauh dari klaim SPF 50+ yang mereka tampilkan," ujar CEO Choice, Ashley de Silva, dikutip dari The Guardian, Senin, 16 Juni 2025.
Pihak Ultra Violette langsung merespons keras. Mereka menolak hasil uji Choice dan menyebutnya tidak akurat sama sekali, serta menuduh Choice menyebarkan informasi yang menyesatkan demi pemberitaan viral.
“Dua pengujian buta dengan sampel sangat kecil tidak sebanding dengan serangkaian uji menyeluruh yang kami lakukan sesuai standar TGA,” kata juru bicara Ultra Violette.
Namun, Choice menjelaskan bahwa pengujian pertama dilakukan pada 10 orang, dan hanya produk Ultra Violette yang diuji ulang untuk validasi. Di luar Ultra Violette, beberapa sunscreen lain juga tak luput dari sorotan.
Empat produk yang mengklaim SPF 50+ ternyata hanya memberikan perlindungan di kisaran SPF 40-an, antara lain Coles Sunscreen (SPF 43), dua produk Nivea (SPF 41 dan 40), serta Sun Bum (SPF 40).
Beberapa merek besar lainnya bahkan lebih rendah lagi. Banana Boat (SPF 35), Bondi Sands (SPF 32), Cancer Council (SPF 33), dan Invisible Zinc (SPF 38). Bahkan ada yang hanya menyentuh angka SPF 20-an, seperti produk dari Aldi, Neutrogena, dan beberapa varian Cancer Council lainnya.
Hanya empat produk yang lolos dan sesuai dengan klaim mereka, La Roche-Posay (SPF 72), Neutrogena Ultra Sheer (SPF 56), Cancer Council Kids Sunscreen (SPF 52), dan Mecca Cosmetica (SPF 51).
Meskipun produk dengan SPF 30-an masih memberi perlindungan yang baik, Choice menegaskan pentingnya transparansi produsen dan kejujuran dalam pemasaran. Hal yang penting adalah konsumen tahu bahwa mereka mendapatkan apa yang dibeli.
Pihak-pihak produsen lain pun angkat bicara. Cancer Council menyatakan keprihatinan atas temuan tersebut dan telah mengirim empat produknya untuk pengujian ulang oleh laboratorium internasional.
Regulator utama di Australia, Therapeutic Goods Administration (TGA), menyatakan tengah menyelidiki temuan Choice dan siap mengambil langkah hukum jika diperlukan. Sementara Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) mengingatkan bahwa produsen dilarang membuat klaim yang menyesatkan.