Heboh Suami Lebih Mendahulukan Ibu daripada Istri, Begini Tanggapan Buya Yahya

NTVNews - 8 Mei 2024, 06:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Buya Yahya Buya Yahya (Tangkapan Layar: YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Beberapa waktu ini tengah ramai di media sosial soal prioritas dari seorang pria yang sudah menikah. Dalam video itu seseorang bertanya kepada sejumlah pria yang ada di sebuah kantor soal urutan paling pertama diprioritaskan mulai dari ibu, istri, dan anak usai menikah. 

Sebagian besar dari pria tersebut menomorsatukan sosok ibu sebagai prioritas mereka. Kemudian disusul anak dan istri. Namun, ada pula yang memilih menomorsatukan istri sebagai prioritas mereka, kemudian anak dan ibu mereka. 

Lantas, publik pun penasaran dengan hukum Islam yang mengatur hal tersebut. Mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu antara ibu, istri, dan anak. Terkait hal ini, Buya Yahya mengungkap bahwa bagi seorang pria, orang tua harus tetap menjadi prioritas. 

Buya Yahya <b>(Tangkapan Layar: YouTube)</b> Buya Yahya (Tangkapan Layar: YouTube)

“Kami himbau ke istri ‘wahai wanita solehah ingat suamimu punya kewajiban yang tidak pernah berkurang kepada ibunda dan ayahandanya’,” kata Buya Yahya seperti dilansir dari tayangan YouTube Buya Yahya pada Selasa, 7 Mei 2024. 

“Tapi, ketika seorang suami menikah dengan seorang wanita maka ketahuilah kewajiban terhadap ibundanya tetap nomor satu. Seorang wanita yang menikah dengan laki-laki maka ketahuilah kewajibannya berpindah kepada suami nomor satu. Ingat itu,” lanjutnya. 

Lebih lanjut, Buya yahya mengungkapkan bahwa suami mempunyai kewajiban untuk menyempurnakan kewajiban pengabdian dirinya kepada ibunda dan ayahanda. Karena itu, seorang istri harus membantu pengabdian sang suami. 

“Jadi seorang istri membantu suaminya mengabdi kepada ayah dan ibunya itu istri solehah. Apalagi dikatakan sang istri punya keluarga yang masih menjaga,” kata Buya Yahya.

Halaman
x|close