4 Penemuan Sains yang Dijelaskan Al Quran, dari Teori Big Bang hingga Sidik Jari Manusia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Jul 2024, 05:05
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Ilustrasi Al Quran Ilustrasi Al Quran (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Beberapa penemuan ilmiah di dunia ini diungkapkan melalui kitab suci Al Quran. Diketahui bahwa penelitian oleh para ilmuwan biasanya bertujuan untuk menemukan fakta-fakta tentang alam semesta.

Ilmu pengetahuan semakin maju berkat dukungan teknologi, yang memfasilitasi para peneliti dalam mengungkap penemuan-penemuan baru. Teknologi ini dikembangkan pada era modern saat ini.

Namun, Al Quran diturunkan sekitar 14 abad yang lalu. Menariknya, Al Quran telah mengungkapkan banyak fakta ilmiah yang baru dapat dibuktikan kebenarannya di masa kini. Apa saja penemuan ilmiah yang didasarkan pada Al Quran? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Ledakan Big Bang

Ilustrasi Alam Semesta atau Ledakan Big Bang <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Alam Semesta atau Ledakan Big Bang (Pixabay)

Pada tahun 1989, George Smoot dan tim NASA meluncurkan satelit dengan instrumen Cosmic Background Emission Explorer (COBE) untuk menyelidiki asal mula alam semesta, mengungkap sisa-sisa ledakan besar.

Artikel Scientific American pada Oktober 2014 menyatakan bahwa teori Big Bang adalah satu-satunya penjelasan tentang asal-usul alam semesta, meski Al Quran sudah lebih dulu membahas terbentuknya alam semesta.

"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" demikian isi Al Quran Surat Al Anbiya Ayat 30.

Halaman