Profil Istana Negara di IKN, Disebut Mirip Istana Siluman Kelelawar Gegara Bentuk dan Warnanya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Agu 2024, 14:58
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Depan Istana Garuda di IKN Depan Istana Garuda di IKN (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Kalimantan - Istana Garuda adalah kediaman resmi sekaligus kantor Presiden Republik Indonesia yang terletak di atas bukit. Istana ini dibangun menghadap ke Taman Plaza Seremoni dan Bukit Bendera IKN (di arah tenggara), di ibu kota Nusantara

Istana ini dibangun oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2024 dengan luas sekitar 2.400 m². Istana ini berada dalam satu kompleks dengan Istana Negara (yang berada di bawah Istana Garuda), Sekretariat Presiden, dan 4 kompleks gedung Kemenko.

Profil Istana Garuda IKN

Lapangan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN). <b>(Dok.Antara)</b> Lapangan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok.Antara)

Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang terletak di Kalimantan Timur, menampilkan desain burung garuda yang sedang mengepakkan sayap. Karya ini diciptakan oleh pematung terkenal I Nyoman Nuarta dan mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo pada tahun 2022.

Desain yang diberi nama Istana Garuda ini merupakan bagian dari Istana Kepresidenan Nusantara yang dibangun di atas lahan seluas 55,7 hektar dengan luas bangunan mencapai 334.200 meter persegi. Sebelumnya, desain yang terpilih untuk Istana IKN adalah Astana Indonesia Raya yang menggabungkan berbagai konsep rumah adat di Indonesia.

Desain ini awalnya adalah hasil rancangan Nagara Rimba Nusa yang memenangkan Sayembara Desain IKN. Namun, dalam perkembangannya, desain pemenang tersebut tidak diimplementasikan dan digantikan oleh desain Istana Garuda yang dibuat oleh I Nyoman Nuarta.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close