Kenapa Ada Upacara Penurunan Bendera?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Agu 2024, 14:51
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi bagi tamu VVIP dalam agenda peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi bagi tamu VVIP dalam agenda peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Pada peringatan HUT RI, terdapat dua seremoni penting, yaitu upacara pengibaran bendera dan upacara penurunan bendera. Pengibaran bendera dilakukan pada pagi hari, sedangkan penurunan bendera dilakukan pada sore hari.

Kedua seremoni ini merupakan prosesi sakral yang wajib dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus. Penurunan bendera memiliki makna dan alasan khusus.

Penurunan bendera dilakukan untuk menghormati dan menjaga kehormatan Sang Saka Merah Putih. Bendera pusaka yang telah berkibar sejak pagi hari akan diturunkan menjelang sore.

Hal ini diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pasal 7 menyebutkan bahwa pengibaran dan/atau pemasangan Bendera Negara dilakukan antara matahari terbit dan terbenam. Namun, dalam kondisi tertentu, pemasangan bendera dapat dilakukan pada malam hari.

Baca Juga: Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Bos Agung Sedayu Aguan Sampai Boy Thohir Turut Hadir

Beberapa sumber menyatakan bahwa upacara penurunan bendera juga menandai berkabung nasional, sebagai bentuk penghormatan kepada para tokoh yang berjasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, seremoni ini bertujuan untuk melindungi Bendera Merah Putih dari kerusakan akibat kotoran saat terpapar di luar ruangan. Oleh karena itu, penurunan bendera dilakukan dengan prosesi upacara yang mirip dengan pengibarannya.

Setelah diturunkan, Bendera Merah Putih akan disimpan dengan aman untuk menjaga kondisinya. Upacara penurunan ini juga menjadi tanda penghormatan tertinggi terhadap bendera negara.

Halaman
x|close