Ini Penyebab Parlemen Turki Keos Hingga Puluhan Anggota Baku Hantam

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Agu 2024, 05:05
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Puluhan anggota parlemen Turki terlibat dalam baku hantam Puluhan anggota parlemen Turki terlibat dalam baku hantam (Istimewa)

Ntvnews.id, Ankara - Puluhan anggota parlemen Turki terlibat dalam baku hantam saat sidang parlemen pada Jumat, 16 Agustus 2024 waktu setempat. Perkelahian fisik ini terjadi ketika berlangsung perdebatan terkait pencopotan seorang politisi oposisi yang telah dipenjara dan kehilangan kekebalan parlementernya tahun ini.

Dilansir dari Anadolu, Senin, 19 Agustus 2024, keributan tersebut berlangsung selama 30 menit di ruang sidang parlemen Turki. Akibatnya, sedikitnya dua anggota parlemen terluka, yang menyebabkan sidang harus dihentikan sementara.

Setelah kericuhan mereda, anggota parlemen kembali ke ruang sidang untuk melakukan pemungutan suara. Hasilnya, usulan dari kubu oposisi untuk mengembalikan mandat parlemen kepada Can Atalay, seorang anggota parlemen dari oposisi yang juga pengacara dan aktivis HAM, ditolak.

Baca Juga: Baku Hantam Terjadi di Parlemen Turki, Anggota Dewan Saling Jotos

Atalay memenangkan kursi parlemen dalam pemilu tahun lalu meskipun berkampanye dari balik penjara. Dia merupakan salah satu dari tujuh terdakwa yang dijatuhi hukuman hingga 18 tahun penjara pada tahun 2022 dalam kasus yang kontroversial.

Kekacauan di parlemen dimulai ketika Alpay Ozalan, anggota dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, menyerang Ahmet Sik, anggota Partai Pekerja Turki (TIP). Sik mengkritik perlakuan pemerintah terhadap Atalay, dan menyatakan bahwa

"teroris terbesar di negara ini adalah orang-orang yang duduk di kursi tersebut," merujuk pada anggota parlemen dari partai berkuasa.

Halaman
x|close