Menkes Jelaskan Pola Penularan Mpox, Mirip dengan HIV-AIDS

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Agu 2024, 14:25
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Cacar Monyet Ilustrasi Cacar Monyet (FreePik)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan penjelasan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pola penularan Mpox yang banyak menyerang anak-anak di Afrika.

Dalam rapat terbatas yang berlangsung pada Selasa di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Presiden Jokowi menanyakan kepada Menkes Budi alasan mengapa banyak anak-anak yang terkena virus tersebut, mengingat biasanya penularan melibatkan kontak fisik.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-20 Fokus Persiapan Hadapi Argentina

Profil Brigjen Mukti Juharsa, Disebut Admin Grup WhatsApp dalam Sidang Korupsi Timah

"Tadi Bapak Presiden sempat tanya, Pak Menkes, kalau ini mirip HIV-AIDS penularannya kontaknya fisik, kok banyak anak-anak?" kata Menkes, dikutip dari Antara.

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) memimpin rapat terbatas yang membahas penanganan Mpox dan persiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024). <b>(Dok.Antara)</b> Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) memimpin rapat terbatas yang membahas penanganan Mpox dan persiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024). (Dok.Antara)

Menkes Budi menjelaskan bahwa di Afrika, tempat kasus ini sering terjadi, anak-anak rentan tertular karena mereka sering berbagi barang-barang pribadi seperti pakaian, handuk, dan selimut, serta tidur dalam satu tempat tidur dengan orang dewasa yang terinfeksi.

Halaman
x|close