KPK Cek Asal Jet Pribadi Kaesang, Karena Anak Presiden

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Agu 2024, 11:24
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Viral Video Kaesang dan Erina Gudono Turun dari Private Jet Viral Video Kaesang dan Erina Gudono Turun dari Private Jet (Tangkapan Layar)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, jadi sorotan. Ini terjadi usai Kaesang bersama istrinya, Erina Gudono, menumpang pesawat jet pribadi Gulfstream G650ER yang harganya mahal, saat liburan ke Amerika Serikat (AS). Berdasarkan jarak dan waktu yang ditempuh, tarif penggunaan pesawat itu diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Usai jadi sorotan di media sosial, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya turun tangan.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan, pimpinan KPK telah memerintahkan Direktur Pelaporan Gratifikasi dan Direktur Pelaporan dan Penerimaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk meminta klarifikasi kepada Kaesang.

"Pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan Direktur Gratifikasi, tolong dong itu informasi-informasi dari media itu diklarifikasi," ujar Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Alex menjelaskan, KPK memegang prinsip bahwa semua orang memiliki kedudukan yang sama di depan hukum. Pimpinan KPK pun meminta bawahannya tidak ragu dan takut untuk meminta klarifikasi kepada Kaesang lantaran memang merupakan tugasnya.

Mereka juga diminta peka dan bertindak proaktif menjawab pertanyaan publik perihal dugaan gratifikasi itu.

"Jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung, ini apa ini kejadiannya, apakah masuk gratifikasi? Siapa yang memberikan fasilitas itu dan sebagainya harus clear," tutur Alex.

Halaman
x|close