HUT Kemerdekaan RI ke-79, Budaya Lokal, dan Daya Saing Bangsa Menurut Perspektif Manajemen Strategi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Agu 2024, 13:28
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Jokowi dan Iriana Pakai Kebaya Jokowi dan Iriana Pakai Kebaya (Instagram)

Oleh: Manarep Pasaribu

(Dosen Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI)

Ntvnews.id, Jakarta - Dalam upacara  HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tahun 2024 di IKN dan Istana Merdeka, penggunaan pakaian adat berbagai daerah menunjukkan komitmen Indonesia terhadap Bhinneka Tunggal Ika, semboyan "Berbeda-beda tetapi tetap satu". Penampilkan pakaian adat memperkuat identitas nasional Indonesia, “Beragam Dalam Bersatu”, memperkuat citra kemerdekaan, bertumbuh dan berdaya saing global.

Penampilan Budaya Lokal, seperti pelbagai tarian daerah menunjukkan keindahan dan keunikan budaya nasional dengan identitas local (Santoso, DKK, 2023). Juga Pakaian Adat oleh peserta upacara, termasuk pejabat negara, tamu undangan, dan perwakilan masyarakat, mengenakan pakaian adat dari seluruh penjuru Indonesia. Sementara Musik Lokal dengan Alunan musik tradisional seperti gamelan, sasando dari Nusa Tenggara Timur, dan alat musik tiup tradisional, menciptakan suasana sacral, penuh semangat kebangsaan, memperkuat persatuan ditengah keragaman budaya. Inilah saat merenungkan perjuangan kemerdekaan dan identitas nasional. Upacara tersebut dengan pakaian adat daerah menjadi kekayaan budaya Indonesia. 

Budaya Bangsa yang Kuat

Ilustrasi Kebaya Wanita <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Kebaya Wanita (Pixabay)

Budaya bangsa mencakup nilai, tradisi, kepercayaan, dan warisan budaya, memainkan peran membentuk identitas nasional dan kesadaran kolektif masyarakat. Ketika budaya bangsa kuat dan terpelihara, mencipta kebanggaan dan kohesi sosial antara warga negara.

Halaman
x|close