Wakil Rektor Undip Buka Suara Atas Penangguhan Praktik Dekan FK: Dia Sosok yang Penuh Integritas

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Sep 2024, 15:16
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto (Antara)

Ntvnews.id, Semarang - Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto menyayangkan penghentian sementara praktik Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Undip sebagai buntut dari kasus meninggalnya mahasiswi Program Studi Dokter Spesialis (PPDS) Undip.

"Di dalam kasus PPDS, Undip sudah melakukan investigasi internal," katanya di Semarang, Sabtu, menanggapi ditangguhkannya praktik dokter Yan Wisnu Prajoko di RSUP dr Kariadi Semarang, dilansir Antara.

Menurut dia, Undip, sebagaimana disampaikan rektor di berbagai kesempatan menegaskan bahwa kampus terbuka dengan hasil investigasi dari pihak luar, baik kepolisian maupun Kementerian Kesehatan.

Bahkan, kata dia, jika memang terbukti ada perundungan maka hukuman untuk pelaku jelas dan tegas, yakni drop out alias dikeluarkan. Namun, ia mengatakan bahwa faktanya saat investigasi itu masih jauh dari kata selesai ternyata penghakiman, bahkan hukuman sudah dilakukan berkali-kali terhadap FK Undip.

Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto <b>(Antara)</b> Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro Wijayanto (Antara)

Hukuman pertama, berupa penutupan PPDS Undip yang dilakukan Kemenkes pada 14 Agustus 2024, kata dia, jauh sebelum penyidikan atas kasus itu rampung dan ada keputusan dari polisi, apalagi pengadilan.

Penutupan program studi itu, dia menilai, tidak hanya merugikan 80-an mahasiswa PPDS lainnya, namun juga masyarakat yang mesti panjang mengantre karena kelangkaan dokter di RSUP dr Kariadi.

Halaman
x|close