Kalahkan La Nyalla, Sultan Najamudin jadi Ketua DPD Baru

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 06:49
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sultan Bachtiar Najamudin terpilih menjadi ketua DPD RI. (Antara) Sultan Bachtiar Najamudin terpilih menjadi ketua DPD RI. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Sultan Bachtiar Najamudin terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2024-2029. Ia menggantikan La Nyalla Mattalitti yang kalah dalam voting.

Hasil ini diperoleh usai penghitungan suara dari 151 senator yang hadir dalam rapat paripurna pemilihan pimpinan DPD RI pada Rabu (2/10/2024) dini hari, sejak rapat paripurna dimulai pada Selasa (1/10/2024) malam.

Paket kubu Sultan Najamudin sebagai ketua, dengan GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung selaku bakal calon wakil ketua, mampu mengantongi 95 suara.

Sementara kubu La Nyalla Mattalitti sebagai ketua dan Nono Sampono, Elviana, serta Andi Muhammad Ihsan sebagai bakal calon wakil ketua, hanya memperoleh 56 suara.

Usai terpilih sebagai ketua, Sultan mengaku ingin menjadikan DPD sebagai lembaga yang kolaboratif dan inklusif ke depan.

"Tadi saya sampaikan ya ada hubungan kolaboratif, kami akan membentuk bahwa DPD ini adalah lembaga perwakilan kolaboratif dan inklusif," ujar Sultan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Karenanya, ia menegaskan bahwa DPD bukan lembaga yang eksklusif dan selalu memprotes apa yang dilakukan oleh pemerintah. Sultan mengatakan, DPD akan mendukung kebijakan-kebijakan baik yang dijalankan oleh eksekutif.

Halaman
x|close