5 Fakta Iran Serang Israel Pakai Rudal hingga Tembus Iron Dome, AS Tetap Beri Dukungan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Okt 2024, 12:25
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi senjata rudal/ist Ilustrasi senjata rudal/ist

Ntvnews.id, IsraelIran telah meluncurkan ratusan rudal ke Israel, dengan beberapa di antaranya mencapai target. Ini merupakan serangan kedua Iran tahun ini, setelah menembakkan ratusan rudal dan drone pada bulan April.

Pejabat militer Israel menyatakan serangan tampaknya sudah selesai dan tidak ada ancaman lebih lanjut dari Iran "untuk saat ini", meski kerusakan yang ditimbulkan masih belum jelas. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memperingatkan mengenai "konsekuensi" setelah serangan tersebut.

1. Iran Meluncurkan 180 Rudal

Iran Ancam Keras AS Jika Ikut Campur dalam Konflik dengan Israel <b>(ANTARA)</b> Iran Ancam Keras AS Jika Ikut Campur dalam Konflik dengan Israel (ANTARA)

Militer Israel melaporkan Iran meluncurkan sekitar 180 rudal ke arah Israel, sedikit lebih banyak dibandingkan serangan bulan April yang melibatkan 110 rudal balistik dan 30 rudal jelajah. Rekaman TV Israel menunjukkan rudal melintas di atas Tel Aviv menjelang pukul 19:45 waktu setempat.

BBC melaporkan sebagian besar rudal dijatuhkan oleh sistem pertahanan udara Israel, tetapi beberapa pangkalan militer mungkin terkena dampak. Korps Garda Revolusi Islam Iran menyebutkan 90% proyektil mengenai target, seorang pria tewas akibat puing-puing roket, dan dua orang mengalami luka ringan.

2. Respons atas Pembunuhan Hassan Nasrallah

Sayyed Hassan Nasrallah <b>(AFP)</b> Sayyed Hassan Nasrallah (AFP)

Garda Revolusi mengklaim serangan ini sebagai balasan atas pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, dan komandan Garda Revolusi, Abbas Nilforoshan, di Beirut pada 27 September. Mereka juga merujuk pada pembunuhan Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas, di Teheran pada bulan Juli.

Meskipun Israel tidak mengakui terlibat, banyak yang percaya bahwa mereka bertanggung jawab. Seorang pejabat Iran mengungkapkan bahwa Ayatollah Ali Khamenei memberikan perintah untuk serangan tersebut. Iran berupaya membasmi Israel, yang dianggap sebagai ancaman eksistensial.

3. Iron Dome Pun Dapat Ditembus

Iron Dome <b>(Istimewa)</b> Iron Dome (Istimewa)

Israel memiliki sistem pertahanan udara canggih, termasuk Iron Dome, yang dirancang untuk mencegat roket jarak pendek. Namun, beberapa rudal Iran dapat menembus sistem ini. Meskipun Iron Dome digunakan untuk melindungi dari serangan Iran sebelumnya, sistem pertahanan lain mungkin lebih efektif pada hari Selasa.

David's Sling digunakan untuk mencegat roket jarak menengah, sedangkan pencegat Arrow 2 dan Arrow 3 digunakan untuk rudal balistik jarak jauh.

Halaman
x|close