Charta Politika: Elektabilitas RK 48,3%, Pramono 36,5%, dan Dharma 5,6%

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Okt 2024, 14:11
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pasangan Calon Nomor Urur 1, Ridwan Kamil-Suswono Pasangan Calon Nomor Urur 1, Ridwan Kamil-Suswono (NTvnews.id)

Ntvnews.id, JakartaLembaga Survei Charta Politika Indonesia baru-baru ini telah merilis hasil survei terbaru elektabilitas calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal berlaga di Pilkada Jakarta 2024 mendatang. 

Charta Politika melakukan survei dengan menggunakan wawancara tatap muka langsung dengan metode multistage random sampling dengan total sample mencapai 1.200 responden. Sedangkan margin of error atau toleransi kesalahan berada di 2.83%. 

Kemudian untuk usia responden tersebut minimal 17 tahun yang sudah memenuhi syarat pemilih. Selain itu, Charta Politika juga melakukan quality control sebanyak 20 persen dari total sampel atau sekitar 240 responden.

Calon Nomor Urur 3, Pramono Anung-Rano Karno <b>(NTVnews.id)</b> Calon Nomor Urur 3, Pramono Anung-Rano Karno (NTVnews.id)

Kemudian, lokasi pengambilan sampel adalah di seluruh kabupaten/kota di Jakarta dengan periode survei dari 19-24 September 2024 lalu. Sebaran respondennya terdiri atas agama, jenis kelamin, suku, sampai usia.

Sebelum merilis elektabilitas pasangan calon, survei tersebut memperlihatkan hasil simulasi tiga nama kandidat calon gubernur Jakarta. Hasilnya, Ridwan Kamil berhasil meraih 47.9%, Pramono Anung 35.8%, dan Dharma Pongrekun 5.3%. 

Selain itu, untuk elektabilitas calon wakil gubernur juga turut masuk dalam survei ini. Menariknya, Si Doel atau Rano Karno memimpin dengan raihan sebanyak 44.5%, lalu Suswono 28.8%, dan Kun Wardana sebanyak 4.9%. 

Elektabilitas Cagub Jakarta <b>(Dok. YouTube)</b> Elektabilitas Cagub Jakarta (Dok. YouTube)

Halaman
x|close