Kronologi Prajurit TNI Terluka Ditembak Tank Israel di Markas UNIFIL Lebanon

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 12:19
Tasya Paramitha
Penulis & Editor
Bagikan
Tim inspeksi PBB mengecek kesiapan kapal, helikopter, dan pasukan Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-O UNIFIL di Dermaga 4 Pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (26/6/2024) Tim inspeksi PBB mengecek kesiapan kapal, helikopter, dan pasukan Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-O UNIFIL di Dermaga 4 Pelabuhan Beirut, Lebanon, Rabu (26/6/2024) (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Luar Negeri memastikan kedua prajurit TNI yang tergabung dalam UNIFIL tersebut mengalami luka ringan ketika menjalankan tugas pemantauan di menara pemantau di markas kontingen Indonesia di Naqoura, Lebanon selatan.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, pangkalan militer UNIFIL yang diserang Israel berada di dalam area “Garis Biru” yang merupakan garis demarkasi antara Lebanon dan Israel, dilansir dari Antara, Jumat (11/10/2024).

Pasukan perdamaian yang tergabung pada UNIFIL bertugas di bawah mandat DK PBB melalui Resolusi 1701 tersebut untuk mendukung stabilitas Lebanon.

Kini, kedua personel tersebut telah menerima perawatan di fasilitas medis terdekat dan saat ini dalam kondisi stabil. Menlu RI memastikan luka yang dialami mereka berasal dari luncuran peluru dari tank Merkava milik pasukan Israel.

Retno menyatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi langsung dengan Komandan Kontingen Garuda FHQSU (Force Headquarters Support Unit) terkait serangan Israel ini.

Kronologi

Prajurit TNI Angkatan Laut pengawak KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-O UNIFIL berlatih evakuasi bersama prajurit Angkatan Udara Lebanon (LAF-AF) di Laut Mediterania, Lebanon, Selasa (7/5/2024) <b>(Antara)</b> Prajurit TNI Angkatan Laut pengawak KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-O UNIFIL berlatih evakuasi bersama prajurit Angkatan Udara Lebanon (LAF-AF) di Laut Mediterania, Lebanon, Selasa (7/5/2024) (Antara)

Dua personel penjaga perdamaian asal Indonesia yang mengalami luka ringan merupakan korban serangan militer Israel terhadap menara observasi di markas UNIFIL di Naqoura, Lebanon, Kamis malam (10/10/2024).

Halaman
x|close