Ramai Imbauan Jangan Beri Teh Kepada Balita, Ini Penjelasan Dokter

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 13:32
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Bayi Ilustrasi Bayi (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Imbauan untuk tidak memberikan teh kepada balita menjadi viral di media sosial. Informasi tersebut tersebar lewat template Instagram stories yang diunggah oleh netizen.

Dalam template yang tersebar, terdapat foto resep dari seorang dokter. Resep itu menuliskan bahwa teh bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh anak-anak.

"Mohon tidak memberikan teh kepada anak balita. Karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi yang dapat memicu anemia," demikian isi dari imbauan tersebut.

Template yang dibagikan oleh dokter spesialis anak, Jati Kusuma, juga memaparkan sejumlah manfaat penting zat besi untuk anak. Zat besi berperan dalam meningkatkan imunitas, menjadi sumber energi untuk otot yang mendukung kemampuan motorik, mencegah stunting, serta mendukung perkembangan otak, kecerdasan, konsentrasi, dan IQ.

Ilustrasi - Seorang ibu sedang menggendong anak balitanya.  <b>(ANTARA Jatim/HO-Istimewa/FA)</b> Ilustrasi - Seorang ibu sedang menggendong anak balitanya. (ANTARA Jatim/HO-Istimewa/FA)

Sementara itu, seorang dokter anak di sebuah rumah sakit mendapati kasus mengejutkan saat mengunjungi ruang rawat inap. Seorang anak berusia dua tahun terdiagnosis dengan kadar hemoglobin (Hb) yang rendah, yakni 8.7, sementara angka normal seharusnya di atas 11.0.

Selain kadar Hb yang rendah, hasil tes laboratorium juga menunjukkan tanda-tanda anemia defisiensi besi. Menurut keterangan dokter, orang tua tidak pernah melakukan pemeriksaan darah sebelumnya karena anak tersebut tampak aktif dan ceria.

“Orang tuanya tak pernah menyangka karena anaknya tidak pernah tampak pucat. Hasil ini baru ketahuan ketika anaknya dirawat karena penyakit bronkopneumonia,” ujar dokter yang menangani.

Halaman
x|close