2 Korea di Ujung Bayang-bayang Perang, Korut Sudah Lakukan Mengerikan Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 18:17
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Bendera Korea Utara (korut) Bendera Korea Utara (korut) (Istimewa)

Ntvnews.id, Pyongyang - Korea Utara meledakkan beberapa ruas jalan dan rel kereta antar-Korea di wilayah perbatasannya yang memicu respons dari militer Korea Selatan dengan melepaskan tembakan peringatan.

Dikutip dari KCNA, Rabu, 16 Oktober 2024, Pyongyang telah mengumumkan niatnya untuk sepenuhnya memutus jalur jalan dan rel kereta yang menghubungkan kedua Korea. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini juga semakin memperkuat pertahanan di perbatasannya, sebagai bagian dari upayanya untuk mendorong sistem "dua negara" yang menggagalkan penyatuan Korea.

Menurut pernyataan Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan, beberapa ruas jalan dan rel kereta di wilayah utara yang menghubungkan ke Korea Selatan dihancurkan sekitar tengah hari pada Selasa.

Baca Juga: Memanas! Tentara Korea Utara Siap Siaga Tembak Korsel

Kementerian Penyatuan Seoul, yang mengelola urusan lintas-perbatasan, mengecam tindakan tersebut sebagai pelanggaran terhadap perjanjian antar-Korea yang telah disepakati. Mereka menyebut langkah ini sebagai tindakan "sangat tidak normal."

"Sangat menyedihkan bahwa Korea Utara berulang kali melakukan perilaku regresif seperti itu," kata juru bicara kementerian, Koo Byoung-sam, dalam sebuah pernyataan kepada media, dikutip dari Reuters.

Militer Korea Selatan merilis video yang memperlihatkan ledakan besar dan gumpalan asap yang membubung di atas jalan yang dihancurkan, di mana Korea Utara memasang penghalang hitam. Video tersebut juga memperlihatkan sejumlah truk sampah dan alat berat bergerak dengan sekelompok pejabat militer Korea Utara mengawasi dan mengarahkan operasi.

Halaman
x|close