Begini Cara KNKT Ungkap Penyebab Pesawat Jatuh di BSD

NTVNews - 20 Mei 2024, 11:01
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Pesawat yang jatuh di BSD. Pesawat yang jatuh di BSD.

Ntvnews.id, Jakarta - Pesawat latih PK-IFP jatuh di Lapangan Sunburst, BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (19/5/2024) siang. Pihak terkait tengah menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.

Menurut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), pihaknya bakal menganalisa percakapan pilot dengan petugas pengaturan lalu lintas udara.

"Dilakukan investigasi selanjutnya, tapi nanti menunggu informasi-informasi yang lain setelah apa yang kita bongkar, termasuk percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengarkan," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam keterangannya, dikutip Senin (20/5/2024).

Di samping itu, KNKT juga akan memeriksa sejumlah serpihan yang ada dalam bagian pesawat jenis Cessna tahun 2006 tipe 172 itu.

Sebab, hal itu bisa membantu dalam mengumpulkan data-data penyebab jatuhnya pesawat yang menewaskan tiga orang tersebut.

"Kita mencatat ada mesin yang jatuh di sebelah sana (lokasi jatuhnya pesawat). Dan ada baling-baling yang jatuh," kata dia.

"Kita juga catat semua posisi-posisinya. Itu nanti dari posisi jatuhnya mencoba bagaimana sikap pesawat ketika terakhir sebelum menabrak pohon," imbuhnya.

Halaman
x|close