6 Tokoh Hamas yang Berpotensi Jadi Penerus Yahya Sinwar

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Okt 2024, 15:30
Tasya Paramitha
Penulis & Editor
Bagikan
Daftar Tokoh Hamas yang Berpotensi Jadi Penerus Yahya Sinwar. Daftar Tokoh Hamas yang Berpotensi Jadi Penerus Yahya Sinwar. (ndtv)

Ntvnews.id, Jakarta - Yahya Sinwar, pemimpin Hamas yang mengatur serangan Oktober 2023 terhadap Israel dan berhasil lolos dari penangkapan selama lebih dari setahun, tewas oleh pasukan Israel Kamis kemarin (17/10/2024) di Gaza selatan.

Pria berusia 61 tahun itu telah menghabiskan dua dekade di penjara Israel sebelum kembali ke Gaza dan muncul sebagai pemimpin tertingginya.

Sebagai salah satu arsitek utama serangan mendadak 7 Oktober terhadap Israel, yang menewaskan lebih dari 1.200 warga Israel dan membawa lebih dari 250 sandera ke Gaza, Sinwar merupakan target utama Israel.

Israel telah memberikan hadiah sebesar US$400 ribu untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau kematiannya. Meskipun banyak serangan udara Israel yang menargetkan kepemimpinan Hamas, Sinwar berhasil bertahan hidup di bawah tanah selama berbulan-bulan di labirin terowongan di bawah Gaza.

Kematian Sinwar kini meninggalkan kekosongan kekuasaan di pucuk pimpinan Hamas, menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang akan turun tangan untuk mengisi kekosongan selama fase penting perang Gaza ini.

Beberapa tokoh Hamas tingkat tinggi, yang semuanya memiliki sejarah panjang dalam operasi militan dan manuver politik, berpotensi menjadi penerus. Berikut ini adalah beberapa tokoh yang mungkin memimpin Hamas, dilansir dari laman ndtv, Jumat (18/10/2024).

1. Mahmoud al-Zahar

Halaman
x|close