Profil Gibran Rakabuming Raka, Eks Wali Kota Solo Kini Jadi Wakil Presiden Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 11:00
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka Gibran Rakabuming Raka

Ntvnews.id, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka, yang dikenal dengan nama Gibran, merupakan Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2024.  Hari ini, Minggu 20 Oktober 2024, Gibran resmi dilantik sebagai Wakil Presiden Indonesia mendampingi Prabowo Subianto setelah memenangkan Pilpres 2024.

Gibran adalah putra pertama dari Presiden RI ke-7, Joko Widodo. Diketahui bahwa Gibran memiliki dua saudara, yakni Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden, Gibran pernah menduduki jabatan sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Pada Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto yang maju sebagai calon Presiden. Hasil akhir Pilpres 2024 menunjukkan kemenangan pasangan Prabowo-Gibran setelah mengalahkan pasangan Anies-Muhaimin serta Ganjar-Mahfud.

Berdasarkan rekapitulasi suara oleh KPU, pasangan Prabowo-Gibran meraih kemenangan besar di Pilpres 2024 melawan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Pelantikan pasangan Prabowo-Gibran akan diselenggarakan di Gedung MPR/DPR/DPD yang berlokasi di Jakarta.

Profil Gibran Rakabuming Raka

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka <b>(Youtube TV Parlemen)</b> Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka (Youtube TV Parlemen)

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo pada tanggal 1 Oktober 1987. Gibran adalah anak tertua dari pasangan Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi. Ia memiliki dua adik, yakni Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Diketahui bahwa pada tahun 2015, Gibran menikahi Selvi Ananda.

Dari pernikahannya, Gibran telah dikaruniai dua anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Gibran menyelesaikan pendidikan dasar di Solo sebelum melanjutkan ke Orchid Park Secondary School di Singapura.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikannya di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan kemudian di University of Technology Insearch, Sydney, Australia. Selain dikenal sebagai anak Presiden Joko Widodo, Gibran juga dikenal sebagai pengusaha di bidang kuliner.

Halaman
x|close