Menambah Prioritas Pembangunan untuk Papua Maju

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 18:00
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Jalur Trans Papua Wamena-Batas Batu Jalur Trans Papua Wamena-Batas Batu (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Mengendarai motor trailnya, Presiden Joko Widodo menyusuri tujuh kilometer jalur baru yang menjadi bagian ruas jalan Wamena-Mamugu 1 di Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada Mei 2017 lalu. Jalan itu masih berupa tanah diperkeras batu dan belum beraspal. Dengan kondisi seperti jalan itu, menurut Jokowi, ada kesulitan mengendarai motor saat ia dan timnya memantau langsung pembangunan infrastruktur jalan tersebut.

Meski masih dalam tahap konstruksi awal, pembangunan jalan itu telah membuka potensi pengembangan wilayah dan masyarakat di Papua. Ruas jalan Wamena-Mamugu 1 adalah salah satu bagian dari target 4.300 kilometer jalan Trans Papua yang digeber pemerintahan Jokowi. Dari sepanjang 287 kilometer jalan Wamena menuju Kenyam, yang teraspal baru 37 kilometer. "Tetapi ini akan terus dikerjakan," kata Jokowi dalam siaran persnya.

Baca Juga:

Prabowo Suarakan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina saat Pidato Pertama

Gempa Bumi Magnitudo 4,8 Guncang Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Pemerintah menggandeng Tentara Nasional Indonesia untuk membantu proses pembukaan lahan dan pengerjaan jalan tahap awal karena medan Papua yang sulit dan berat. Setelah jalur terbuka, pengerjaan memuluskan jalan dilanjutkan tim konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kalau duet ini dilakukan terus, ini akan mempercepat," ujar Jokowi.

Pembangunan jaringan jalan yang menghubungkan berbagai wilayah Papua itu terus berlangsung. Hingga saat ini sudah sekitar 3.500 kilometer jalan Trans Papua sudah terbangun. Pemerintah pun telah membangun sekitar seribu kilometer jalan di sekitar perbatasan Papua. Sejumlah pos lintas batas juga telah didirikan.

Halaman
x|close