2 Sosok Jenderal Bintang 4 yang Masih Aktif Sebagai Prajurit TNI, Siapa Saja?

NTVNews - 3 Mei 2024, 13:41
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (Tangkapan Layar: YouTube Sekretariat Presiden)

Ntvnews.id, Jakarta - Sampai saat ini masih ada dua jenderal bintang 4 yang masih aktif bertugas di lingkungan TNI AD. Salah satu dari mereka bahkan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Mavres) Luhut Binsar Pandjaitan. 

Jenderal TNI sendiri adalah pangkat teratas dalam golongan perwira tinggi (pati) TNI AD. Pangkat satu ini berada satu tingkat di atas Letnan Jenderal (Letjen) atau jenderal bintang 3 yang saat ini banyak dimiliki oleh beberapa orang. 

Memiliki tanda bintang 4, seorang Jenderal TNI memiliki pangkat yang setara dengan Laksamana di Angkatan Laut dan Marsekal di Angkatan Udara. Meski demikian, penyebutan Jenderal TNI sendiri lebih identik dengan Pati dari TNI AD. 

Kini, hanya ada dua sosok jenderal bintang 4 yang masih aktif bertugas di lingkungan TNI AD. Masing-masing dari mereka saat menduduki jabatan sebagai Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Nah, berikut profil selengkapnya.

1. Agus Subiyanto

Saat ini Jenderal Agus Subiyanto masih menduduki jabatan sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Jabatan ini diperoleh saat menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada November 2023 lalu. 

Karier militer Agus bisa dikatakan sangat cemerlang karena sebelum menjadi Panglima TNI dia sempat mengemban banyak jabatan penting. Pada 2020, alumni Akademi Militer 1991 itu dipercaya sebagai Danrem 061/Surya Kencana. 

Halaman

TERKINI

Load More
x|close