Ahli Nilai Aksi Korupsi SYL Bisa Tak Dipidana, Asal..

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jun 2024, 16:15
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ahli pidana Agus Surono saat bersaksi di sidang korupsi SYL. Ahli pidana Agus Surono saat bersaksi di sidang korupsi SYL.

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) merasa semua yang ia lakukan semasa menjadi menteri, ialah untuk kepentingan bangsa. Namun ia mengaku malah dituduh melakukan pemerasan terhadap anak buah puluhan miliar rupiah, hingga akhirnya menjadi terdakwa saat ini.

SYL pun meminta pandangan ahli pidana yang ia hadirkan, Agus Surono, apakah dugaan tindak pidana korupsi yang ialah lakukan dihapuskan atau dimaklumi apabila itu dilakukan demi kepentingan bangsa.

"Untuk kepentingan 287 juta orang makanan yang terancam, terus ada diskresi yang diperintahkan dan itu terjadi, apakah itu bisa diabaikan dalam pendekatan pidana saja? Atau tetap harus dijadikan bagian-bagian yang tesa, antitesa, sintesa dari aturan hukum yang ada?" tanya SYL ke Agus di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (12/6/2024).

"Jadi sifat melawan hukumnya tadi menjadi hilang manakala terpenuhi asas-asas yang tadi saya sampaikan. Asas yang paling utama ada kepentingan umum, asas keadilan dan seterusnya, dan seterusnya," jawab Agus.

"Nah keadilan apakah bagi sekelompok? Tidak. Keadilan tentu bagi sebagian besar dari masyarakat itu juga harus terpenuhi rasa keadilannya," imbuhnya.

SYL lalu menjelaskan bahwa apa yang ia lakukan, sudah sesuai ketentuan yang ada. Jika tindakan-tindakan tak ia ambil, kepentingan rakyat menurutnya bisa terancam. 

"Ini kan ada UU No 2 yang membenarkan Perppu No 1 Tahun 2020 tentang kedaruratan yang menjadi pendekatan. Maafkan saya, Pak JPU. Saya harus jelaskan ini, saya siap dihukum, cuman memang saya berharap ini harus dilihat dalam konteks kepentingan nasional. Bapak adili saya dalam Indonesia yang lagi normal sementara pendekatan yang saya lakukan pada saat saya menjadi menteri adalah kepentingan negara, kepentingan rakyat yang 287 (juta) yang terancam dan semua bisa selesai," jelas dia. 

Halaman

TERKINI

Ngeri! Aksi Koboy Pengendara Mobilio Bikin Resah

Nasional Jumat, 20 Sep 2024 | 07:19 WIB

2 Dokter Baku Hantam Gegara Rebutan Perawat

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 05:55 WIB

Kambing Mirip Alien Lahir dan Gemparkan Warga

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 05:45 WIB

PKS Targetkan Ini dalam Pilkada Serentak 2024

Politik Jumat, 20 Sep 2024 | 05:09 WIB

Ini Jumlah Anggaran Makan Bergizi yang Disetujui oleh DPR

Nasional Jumat, 20 Sep 2024 | 04:55 WIB

Seorang Wanita Keguguran Diseruduk Anjing, Berujung Hal Ini

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 04:45 WIB

Barat Kini Pertimbangkan Dukung Ukaraina dalam Perang, Kenapa?

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 04:35 WIB
Load More
x|close