KRI Dewa Ruci Tiba di Melaka, Misi Budaya Jalur Rempah 2024 Siap Melangkah ke UNESCO

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jul 2024, 13:55
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
KRI Dewa Ruci yang membawa Laskar Rempah peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 tiba di Pelabuhan Tanjung Bruas, Kota Melaka, Malaysia/tangkapan layar NTV KRI Dewa Ruci yang membawa Laskar Rempah peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 tiba di Pelabuhan Tanjung Bruas, Kota Melaka, Malaysia/tangkapan layar NTV

Ntvnews.id, Jakarta - Setelah hampir sebulan melakukan pelayaran diplomatis membawa misi budaya jalur rempah 2024 pada Minggu (30/6/2024) lalu KRI Dew Ruci tiba di pelabuhan Tanjung Bruas, Melaka yang merapat selama 4 hari.

Pelayaran yang diikuti oleh 25 Laskar Rempah terpilih dan 87 persoel TNI AL ini merupakan upaya Indonesia untuk menghidupkan kembali jalur lempah dan memasukkannya ke dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Tahun ini menjadi tahun ketiga Muhibah Budaya Jalur Rempah dilaksanakan oleh Kemendikbudristek melalui Dirjen kebudayaan

Pelayaran kali ini terbagi dalam tiga kelompok rute layar ke tujuh titik jalur rempah.

Malaka menjadi satu-satunya perhentian luar negeri bagi Laskar Rempah bersama KRI Dew Ruci di misi jalur rempah 2024.

Setelah Malaka pelayaran dilanjutkan menuju Tanjung Uban kemudian Lampung dan berakhir kembali ke Jakarta.

Pemerintah kota Melaka menggelar jamuan makan malam bersama Laskar Rempah di kawasan Riverside Malaka. Pemerintah Malaka menyambut positif adanya Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 dan mendukung misi Indonesia untuk menghidupkan kembali jalur rempah.

Halaman
x|close