Selain Netanyahu, Tiga Pejabat Israel Ini Bisa Masuk Daftar Buron ICC

NTVNews - 7 Mei 2024, 05:36
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Benjamin Netanyahu Benjamin Netanyahu (Istimewa)

Ntvnews.id, Tel Aviv - Kabarnya Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court/ICC) berencana segera mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap sejumlah pejabat Israel.

Lima pejabat Israel yang enggan disebutkan namanya kepada The New York Times mengungkapkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mungkin termasuk dalam daftar orang yang dicari oleh ICC.

Pemberitaan ini dilaporkan membuat Netanyahu gelisah. Pada Netanyahu menuliskan di platform X bahwa Israel tidak akan pernah menerima atau terpengaruh oleh upaya apapun yang dilakukan ICC untuk melemahkan "hak dasar Israel untuk membela diri."

Netanyahu menambahkan bahwa meskipun keputusan yang diambil oleh pengadilan di Den Haag tidak akan memengaruhi tindakan Israel, namun itu akan membuka pintu bagi preseden berbahaya yang dapat mengancam tentara dan masyarakat mereka.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bakal mengadakan pertemuan atas permintaan Israel usai ser Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bakal mengadakan pertemuan atas permintaan Israel usai ser

Selain Netanyahu, dua pejabat Israel juga diduga bakal masuk daftar buronan ICC. Mereka antara lain Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dan Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Herzi Halevi. 

ICC merupakan pengadilan internasional yang memiliki kekuatan untuk mengadili individu yang dituduh melakukan kejahatan perang, genosida, dan kejahatan lain terhadap kemanusiaan.

Namun, ICC tidak memiliki pasukan keamanan sendiri. Mereka hanya mengandalkan 124 anggotanya, yang mencakup sebagian besar negara Eropa tapi bukan Israel atau Amerika Serikat, untuk menangkap individu yang tercantum dalam surat perintah penangkapan.

Halaman
x|close