Kenaikan Isa Al-Masih: Fakta-fakta Penting dalam Sejarah dan Kebudayaan

NTVNews - 8 Mei 2024, 11:33
Agus Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi salib Ilustrasi salib (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Kenaikan Isa Al-Masih akan diperingati pada besok Kamis, 9 Mei 2024. Kenaikan Isa Al-Masih merupakan salah satu peristiwa yang paling penting dalam sejarah agama Kristen. Dalam Alkitab, kisah ini ditemukan dalam Kitab Kisah Para Rasul dan menjadi momen kunci dalam kehidupan Yesus Kristus. Yuk simak sederet fakta penting terkait kenaikan Isa Al-Masih yang memengaruhi keyakinan dan budaya masyarakat Kristen yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Konteks Kenaikan Isa Al-Masih

Ilustrasi Salib <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Salib (Pixabay)

Kenaikan Isa Al-Masih terjadi 40 hari setelah kebangkitan-Nya dari kematian. Menurut Injil Lukas 24:50-53, Yesus membimbing para murid-Nya ke luar Yerusalem, kemudian naik ke langit di depan mata mereka. Ini merupakan momen terakhir kedekatan fisik antara Yesus dan para pengikut-Nya selama hidup-Nya di bumi.

2. Arti Teologis

Kenaikan Isa Al-Masih memiliki banyak arti teologis dalam tradisi Kristen. Ini melambangkan penyelesaian misi penyelamatan Yesus Kristus di bumi dan peneguhan-Nya sebagai Penguasa yang ditinggikan di surga. Selain itu, kenaikan ini juga menjadi janji akan kedatangan kembali-Nya pada akhir zaman, sesuai dengan doktrin eskatologi Kristen.

3. Dampak Budaya

Ilustrasi Yesus Kristus <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Yesus Kristus (Pixabay)

Halaman
x|close